Kompas.com - 05/01/2014, 16:48 WIB
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif - Tidak semua varian MPV memiliki kelengkapan pendingin tambahan untuk penumpang belakang, double blower. Dalam kondisi cuaca panas di siang hari dan lalu lintas macet, biasanya penumpang baris ketiga kurang bisa merasakan kenyamanan AC, karena menggunakan model single blower.

Agar semua penumpang merasa nyaman, bisa ditambahkan blower. Harganya tidak terlalu mahal. Pemasangan juga gampang (tidak perlu berhari-hari). Berikut penuturan Edo, Kepala Bengkel Dwi Guna, di bilangan Haji Nawi, Jakarta Selatan.

Thailand
"Produk bagus saat ini ada dua, yaitu dari Thailand atau merek ND. Meski murah, produk dari Thailand hampir sama kualitasnya dengan ND. Buktinya, pelanggan saya tidak ada yang komplain. Mereka datang hanya untuk servis rutin setahun sekali. Banyak juga yang pakai ND karena sudah punya nama besar," papar Edo. Produk dari Thailand biasanya dilego Rp 2,5 juta-Rp 3 juta, sedangkan ND Rp 4,5 juta-Rp 5 juta.

Perbedaan kedua produk hanya material. Bentuk dan fungsinya sama, antara lain unit blower, evaporator (jaringan pipa yang berfungsi sebagai penguapan), motor blower, selang set, ekspansi (pengatur refrigerant yang masuk ke evaporator), boks blower, dan kisi-kisi celah AC.

Instalasi
"Untuk pemasangan butuh waktu sehari. Pagi masuk, sore kelar. Dengan catatan, AC tidak bermasalah," beber Edo. Selang AC di bagian depan dibuka dan dibuat cabang untuk mengalirkan hawa dingin ke blower tambahan melalui selang penghubung.

Setelah semua komponen dirakit dengan benar, tahap selanjutnya adalah meletakkan di plafon. Dengan sangat terpaksa, atap mobil bagian dalam harus dibor supaya bisa memasang mur baut untuk mengikat blower. Setelah itu, penyambungan dengan selang yang cabangnya sudah dipasang dari depan.

Pastikan bengkel yang memasang AC memberi garansi minimal 6 bulan, khususnya untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kebocoran. Penambahan double blower ini tidak perlu mengganti kompresor bawaan pabrik. Hanya kapasitas freon yang ditambah!

Garansi
Perlu diketahui, beberapa ATPM di Indonesia mengharamkan pemasangan double blower. Jika konsumen tetap memasang peranti tersebut maka garansi pabrikan bisa gugur. Jadi pastikan dahulu perihal klausul garansi sebelum menambah blower. Kalau untuk mobil yang di luar masa garansi sepertinya tidak masalah selama bengkel pemasang memberikan garansi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.