Kandungan Lokal Nissan Grand Livina Meningkat

Kompas.com - 22/05/2013, 07:44 WIB
Nissan Livina X-Gear Aris F. HarvendaNissan Livina X-Gear
EditorAris F Harvenda

Bogor, KompasOtomotif — Nissan Grand Livina terbaru yang diluncurkan pada 29 Mei mendatang memiliki kandungan komponen lokal semakin tinggi dibanding model sebelumnya. "Kandungan komponen lokal Grand Livina terbaru naik menjadi 76 persen," ungkap Yoshiya Horigome, Wakil Presiden Pemasaran dan Penjualan Nissan Motor Indonesia (NMI), di sela-sela acara test drive di Sirkuit Sentul, Bogor, kemarin (21/5).

Sebelumnya, kandungan lokal di MPV 7-penumpang ini hanya sekitar 60 persen, yaitu pada bodi, jok, trim, pelek, ban, audio, dan pernak-pernik kecil lain. Peningkatan jumpah penggunaan komponen lokal bertujuan untuk menekan biaya produksi. 

Pabrik Nissan di Cikampek, Jawa Barat, memiliki kapasitas produksi 100.000 unit per tahun. Alokasi produksi Grand Livina disesuaikan dengan permintaan pasar. Grand Livina, selain dijual di Tanah Air, juga diekspor ke beberapa negara ASEAN, yaitu Filipina, Malaysia, dan Brunei. Namun, jumlahnya sangat kecil, di bawah 5 persen.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X