Kompas.com - 16/05/2013, 11:59 WIB
Begini tampang Honda CBR1800R bermesin Gold Wing. Begini tampang Honda CBR1800R bermesin Gold Wing.
EditorAris F Harvenda

Washington DC, KompasOtomotif – Pernahkah Anda membayangkan CBR bermesin 1.800 cc? Tenaganya pasti bakal berlipat, jauh melebihi CBR1000RR! Itulah yang dilakukan Cedric Smith, teknisi dari Everett Powersport di Washington DC, Amerika Serikat (AS) yang berhasil mewujudkan Honda CBR1800R! Masterpiece itu kini dipajang di depan bengkelnya, dijadikan simbol sebagai prestasi yang sulit ditandingi oleh mekanik lain.

Sosok sepeda motor itu tidak lazim, khususnya mesin. Setelah diamati, ternyata punya Honda Gold Wing, 1.800cc enam silinder! Bagi yang melihat muncul pertanyaan, bagaimana handling dan performanya? Dari penampilan, dinilai elegan dan rapi. Namun bagaimana dengan penyakit bawaan  mesin hasil kanibal atau "rongsokan” yang bisa menimbulkan suara fals?

Gold Wing
Menurut Kneeslider, yang mendapat penjelasan langsung dari Cedric via telepon, kreasinya itu bermula dari Gold Wing utuh yang ingin dijadikan sepeda motor ringkas dan tidak gambot. Muncul ide untuk mencomot mesinnya dan menggunakan sosok sepeda motor lain.

Gold Wing dipreteli, menyisakan rangka dan mesin. Cedric menggabungkan subrangka CBR, lantas ditambahi bodi CBR model 2005 edisi Repsol aftermarket. Meski ingin mempertahankan semua komponen dari Honda, sokbreker depan dinilainya lebih cocok diadopsi dari Suzuki GSX-R.

Bagian belakang tetap mempertahankan milik Gold Wing, termasuk lengan ayun. Namun ban pakai yang lebih lebar dengan sedikit memodifikasi cekungan lengan ayun. Pipa knalpot yang keluar dari blok mesin dilapisi keramik karena kini terlihat jelas. Di samping itu, untuk mengurangi imbas panas ke kaki. Dengan mempertahankan rangka Honda Gold Wing, jarak sumbu rodanya tetap panjang.

Enam lubang gas buang dirancang ulang dengan konfigurasi 6-2-1. Tiga pipa knalpot di kanan dibelokkan ke tengah belakang menuju ke atas. Sama halnya dengan tiga lainnya di kiri. Kini, sepeda motor ini bukan lagi disebut CBR bermesin Gold Wing, tapi Gold Wing diet!



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X