Ternyata, Motor Sport Baru Yamaha Bernama Viper

Kompas.com - 12/11/2009, 15:25 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketika Kompas.com menampilkan gambar motor baru Yamaha jenis sport yang bakal diperkenalkan pada tahun depan, banyak surat pembaca masuk menanyakan nama motor tersebut. Dari hasil penelusuran kami, ternyata motor berkapasitas mesin 149,8 cc itu akan diberi nama Yamaha Viper.

Dari data Departemen Perindustrian (Depperin), Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor (TPT) bernomor 77/IATT/TPT/1/2007 menunjukkan bahwa produk baru merek motor berlambang garpu tala itu dilabeli kode FZ150 dengan nama Viper. Bahkan, masih dari data Depperin, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah mengantongi izin untuk memproduksi sebanyak 25.700 unit.

Saat dikonfirmasi, Dyonisius Beti selaku Vice President PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) enggan bercerita lebih lanjut mengenai produk baru tersebut. "Maaf mengenai model baru, sebelum launching resmi, saya tak boleh komentar. Dengan regulasi Yamaha, apalagi sebagai pemimpin perusahaan, saya harus menaati role. Takutnya dianggap menyebarkan berita yang belum terjadi dan memengaruhi penjualan kompetitior. Ini juga bisa membuat dealer dan konsumen confuse (bingung)," ujar Dyon dalam pesan singkat kepada Kompas.com, Kamis (12/11), yang saat ini berada di Jepang.

Viper akan hadir ke pasar motor nasional tahun depan dengan mengusung model streetfighter. Salah satu indikasinya tampak pada tangki yang besar dan lampu utama futuristik dengan desain kotak. Begitu juga knalpot dan telapak ban. Kedua bagian itu dirancang lebih besar.

Mesin yang diusungnya sama dengan yang diaplikasikan ke produk pendahulu, V-ixion. Perbedaannya, Viper tak mengusung teknologi fuel injection, tetapi masih mengusung karburator konvensional. Kapan peluncurannya? Pihak YMKI kembali bergeming.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.