Demi Anak, Dilarang Merokok di Dalam Mobil

Kompas.com - 04/05/2008, 07:37 WIB
Editor

KELIHATANNYA ide ini harus ditiru oleh banyak negara di dunia, termasuk Indonesia. Demi melindungi anak dari bahaya asap rokok, Pemerintah Ontario, Kanada telah mengajukan sebuah rancangan undang-undang yang melarang orang merokok  di dalam kendaraan, saat ada anak di dalamnya.

Kalau RUU ini dapat diterima menjadi UU, maka nantinya setiap orang tak bisa merokok, --bukan hanya di dalam kendaraan umum, tapi juga dalam kendaraan pribadinya--, jika di dalamnya ada anak berusia hingga 16 tahun yang ikut menjadi penumpang.

Di dalam proposal UU ini pun ditegaskan bahwa peraturan ini tetap berlaku meskipun kendaraan sedang bergerak, diparkir, dan sekalipun kaca mobil terbuka, ada sunroof, dan ventilasi lain. Setiap pelanggar akan dikenai denda sebesar 250 dollar Kanada.

Sesungguhnya Ontario bukan yang pertama. Di Nova Scotia, Yukon, Arkansas, California, Maine, Luoisiana, Puerto Rico, South australia dan Tasmania juga telah menerapkan peraturan serupa. (LEFTLANE/GLO)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.