Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rasa Berkendara Lexus LBX, Padat dan Menyenangkan

JAKARTA, KOMPAS.com - Lexus Indonesia membuka celah pasar baru dengan meluncurkan Lexus LBX di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, Juli lalu.

Redaksi Kompas.com mendapatkan kesempatan untuk menjajal Lexus LBX selama beberapa hari, merasakan keunggulan crossover hybrid yang termasuk dalam jajaran entry-level keluarga Lexus.

Sebelumnya, kami telah membahas desain eksterior, interior hingga fitur. Kini fokus akan diarahkan pada pengalaman berkendara.

Saat pertama kali masuk ke kabin, terlihat nuansa elegan meski varian yang kami coba adalah model sporty. Bentuk joknya pun cukup sporty dengan desain semi-bucket seat yang menopang tubuh dengan baik.

Begitu mulai berkendara, hal pertama yang terasa adalah pengendalian yang baik. Lingkar dan lekukan setir sangat nyaman digenggam, dan setir memberikan respons yang memuaskan.

Satu hal yang menarik perhatian adalah desain "bokong" yang terlihat besar dari kaca spion. Desain bodi di atas roda belakang ini memberikan tampilan padat dan berisi.

Mengenai akselerasi, bisa dikatakan bahwa tenaga yang dihasilkan lebih dari cukup.

Mobil ini memiliki tiga mode berkendara yaitu EV Mode, Eco Mode, dan mode standar. Hal ini sejalan dengan karakter Lexus LBX sebagai mobil hybrid yang mengedepankan efisiensi bahan bakar. Mengutamakan kecepatan akan bertentangan dengan tujuan utama kendaraan ini.

Lexus LBX dilengkapi mesin berkapasitas 1.500 cc, 3-silinder, yang menghasilkan tenaga sebesar 134 Tk dan torsi 120 Nm. Mesin ini dipadukan dengan motor listrik yang memberikan torsi tambahan sebesar 185 Nm.

Mesin dengan kode M15A-FXE ini juga digunakan pada beberapa model Toyota, seperti Yaris Hybrid, Yaris Cross Hybrid, dan Sienta Hybrid, serta pada Mazda2 Hybrid.

Kemampuan akselerasinya dari nol hingga 100 km/jam dapat dicapai dalam waktu 9,2 detik, dengan kecepatan maksimum yang diklaim mencapai 170 km/jam.

Kemudian bagian suspensi bekerja dengan baik, menjadikan pengendalian Lexus LBX terasa sporty, namun tetap efisien berkat mesin hybrid yang bertenaga.

Secara dimensi, LBX memiliki panjang 4.190 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.560 mm, dan jarak sumbu roda 2.580 mm. Bobotnya mencapai 1.340 kg, dengan kapasitas tangki bahan bakar sebesar 36 liter.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/21/110200115/rasa-berkendara-lexus-lbx-padat-dan-menyenangkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke