Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Chery Sebut Konsumen Omoda 5 Bensin dan Omoda E5 EV Berbeda

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Chery Sales Indonesia (CSI) meluncurkan mobil listrik Omoda E5 pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, Juli lalu.

Peluncuran Omoda E5 langsung disambut baik oleh pencinta otomotif, hal ini dibuktikan dengan Omoda E5 yang berhasil menjadi mobil listrik terlaris di semua segmen selama dua bulan berturut-turut.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang menunjukkan bahwa penjualan retail Omoda E5 mencapai 752 unit pada Mei 2024. Demikian juga untuk penjualan secara wholesales sebesar 755 unit pada bulan kelima.

Bicara soal tampilan, Omoda E5 tak berbeda jauh dengan model Omoda 5 yang sudah lebih dulu diluncurkan oleh Chery. Hanya saja, bagian depan tampak lebih futuristis dengan gril tertutup yang menandakan bahwa mobil ini merupakan kendaraan listrik murni.

Secara harga, Omoda E5 juga tak jauh berbeda dengan tipe tertinggi Omoda 5. Saat ini Omoda E5 tipe Pure dijual Rp 419 juta dan Omoda 5 RZ dibanderol Rp 404,8 juta.

Lantas, apakah kehadiran versi listrik Omoda E5 bisa menggerus pasar Omoda 5 yang sebelumnya menjadi model terlaris Chery?

Rifkie Setiawan, Head of Brand Department PT Chery Sales Indonesia menjelaskan, baik Omoda E5 dan Omoda 5 menyasar konsumen yang berbeda.

“Dari sisi demografi dan area antara Omoda E5 dan Omoda 5 berbeda. Kalau Omoda E5 kita tawarkan untuk kota-kota besar, di mana infrastrukturnya sudah sangat baik, seperti di Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya, seperti Surabaya, Medan, Semarang, yang bisa menyerap market EV,” ucap Rifkie, kepada Kompas.com, di Jakarta Pusat, Senin (30/9/2024).

Sementara Omoda 5 diperuntukkan untuk kota-kota lainnya, di mana infrastruktur kendaraan listrik belum memadai.

“Selebihnya di kota-kota lain (infrastruktur kendaraan listrik belum memadai) mereka bisa punya pilihan, artinya beli yang varian bensin. Jadi lebih ke sisi demografi,” ucap Rifkie.

Sebagai informasi, Chery Omoda E5 telah terjual sebanyak 3.000 unit pada Juli lalu. Pencapaian 3.000 konsumen ini membuktikan peningkatan penjualan sebesar 200 persen dan berhasil membawa Omoda E5 menjadi mobil listrik SUV terlaris pada semester satu 2024.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/02/171200215/chery-sebut-konsumen-omoda-5-bensin-dan-omoda-e5-ev-berbeda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke