Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Modifikasi Ekstrem Truk Canter, Biaya Hampir Rp 1 Miliar

Truk dengan tampilan nyeleh tersebut merupakan milik anggota komunitas Canter Mania. Salah satu yang paling mencolok adalah truk dengan modifikasi ekstrem milik Agus Jeblok. 

Sekilas, bodi truk jadi seperti postur medium bus. Sebab area samping, depan ada atas truk disematkan body kit tambahan. Truk ini menggunakan Fuso Canter FH74 HD. 

Bodi truk ini dimodifikasi oleh Karoseri Bawor Maju Jaya, sementara untuk modifikasi interior, audio dan elektrikal dimodif oleh Automax di Cilacap. 

Ipung, perwakilan dari Automax mengatakan untuk modifikasi ekstrem truk Canter ini merogoh biaya yang tidak sedikit, bahkan lebih mahal dari harga beli truknya.

"Kalau modifikasi ekstrem truk ini mengeluarkan dana Rp 700 jutaan untuk bodi. Sementara untuk interior, audio dan elektrikal Rp 250 jutaan. Belum sama truknya kisaran Rp 400 jutaan" katanya kepada media di GIIAS, Minggu (21/7/2024). 

Ipung menjelaskan, untuk ubahan bodi pada area pintu truk ini di buat jadi lebih lebar daru ukuran bawaan. Untuk pilar kaca depan juga diubah jadi lebih tegak. 

Sementara itu, untuk sistem elektriknya baik bodi samping, depan atau belakang sudah motorise. Sehingga bodi kit truk ini dikendalikan untuk naik atau turun menggunakan aplikasi android.

"Untuk lampu-lampu juga dikendalikan dari aplikasi android. Pengerjaanya satu tahun setengah. Satu tahun pengerajaan di bodi dan setengah tahun di interior dan elektrikal," kata Ipung. 

Ipung juga mengatakan, truk modifikasi ini tidak untuk angkut buatan, hanya untuk kontes dan pameran saja. Lantaran sudah sering juara dalam perlombaan kontes, maka truk ini sangat diperlakukan spesial oleh pemiliknya. 

"Untuk acara ini, truk modifikasi ini menggunakan towing dari Cilacap, Jawa Tengah," katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/07/24/140100615/modifikasi-ekstrem-truk-canter-biaya-hampir-rp-1-miliar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke