Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Biar Enggak Kena Parkir Liar Masjid Istiqlal, Cari Lokasi Parkir Resmi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus parkir liar di Masjid Istiqlal belum lama ini viral. Perekam yang cuma sholat merasa tidak terima dengan diminta tarif parkir sebesar Rp 10.000.

Memang, kalau disaksikan videonya, lokasi parkir tersebut tidak sesuai, alias di pinggir jalan. Tentu, kalau lokasinya sudah tidak resmi, maka tarif yang diberlakukan juga jadi tidak jelas, tidak ada ketentuannya juga.

Ketua Indonesia Parking Association Rio Octaviano memberikan tips untuk para pengendara agar tidak terkena tembak tarif parkir oleh pelaku parkir liar.

"Pertama, saat mau ke satu tempat, datang dulu ke pintu masuk, jangan langsung parkir. Tanya ke petugas, saya bisa parkir di mana," ucap Rio kepada Kompas.com, Rabu (17/5/2023).

Biasanya, para petugas tadi bisa membantu, mengarahkan di mana tempat parkir yang memang disediakan. Jadi dari situ saja sudah diarahkan untuk tidak parkir sembarangan.

"Kedua, kalau tidak ada, cari kantung parkir di sekitar lokasi tersebut yang memiliki pengelolaan parkiran. Jadi nanti tidak mudah diprovokasi tukang parkir liar," kata Rio.

Memang ada saja kebiasaan pengunjung yang tidak mau ribet, jadi main parkir sembarangan saja. Tapi saat digetok harga terlampau mahal, atau mengalami kerugian seperti dicuri, malah protes.

"Kalau memang mau parkir di pinggir jalan, pastikan di ruas jalan tersebut ada perintah parkir, rambu parkir," ucap Rio.

Jadi, untuk para pengunjung daerah wisata, lebih baik cari saja lokasi parkir yang memang disediakan pengelola. Jangan cari gampang dengan mengandalkan parkir liar.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/17/150100415/biar-enggak-kena-parkir-liar-masjid-istiqlal-cari-lokasi-parkir-resmi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke