Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Toyota Avanza Menyeberang Sungai, Dipuji Netizen

JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral di media sosial memperlihatkan Toyota Avanza model lama berhasil menerobos arus sungai yang deras. Mobil sejuta umat itu berhasil melewati genangan sungai yang memutuskan jalan raya.

Dalam video yang diunggah Indocarstuff, Avanza yang digunakan ialah model lama berpenggerak roda belakang. Tulisan penjelasan video memberikan kredit buat Avanza yang dianggap bisa melewati medan mobil off road.

"Avanza tuh serba bisa emang, Makanya banyak banget yang demen ni mobil," tulis penjelasan video yang dikutip Kompas.com, Jumat (28/4/2023).

Training Director The Real Driving Center Marcell Kurniawan menyarankan para pengguna mobil untuk berputar arah dan mencari jalan alternatif saat menemui banjir atau genangan air yang cukup tinggi.

“Batas aman lewat banjir itu kalau masih setengah roda, jika lebih dari itu, lebih baik cari jalan lain,” ujarnya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Namun, jika terpaksa menerobos genangan air ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama yakni jangan menjadi yang pertama saat melintasi jalan yang banjir, cara ini dilakukan untuk mengetahui seberapa dalam banjir di jalan tersebut.

“Pastikan ada kendaraan yang lewat sebelumnya untuk memastikan jalanan tersebut memang bisa dilewati mobil,” kata Marcell.

Kedua, jika harus menerobos banjir, usahakan untuk menjaga jarak dengan kendaraan di depan kita. Jika jarak dengan kendaraan di depan aman, kita dapat mempertahankan kecepatan kendaraan dengan konstan. Sebab, kunci menerjang banjir adalah kecepatan yang konstan.

“Kecepatan jangan terlalu kencang, karena mobil akan menimbulkan gelombang. Gelombang yang tinggi dapat masuk ke ruang mesin, lalu terisap intake manifold,” ucapnya.

“Usahakan juga putaran mesin serendah mungkin, yang penting mobil masih bisa berjalan, supaya isapan dari intake manifold kecil. Cara ini dilakukan untuk mencegah potensi air masuk ke ruang mesin,” ujar Marcell.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/28/132100815/video-toyota-avanza-menyeberang-sungai-dipuji-netizen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke