Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Etape 4, Konsumsi BBM Xpander Cross, Pajero Sport, dan Triton

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Tim Merapah Trans-Jawa 2023 Lintas Selatan sudah sampai di Yogyakarta dari Cilacap, pada Sabtu (15/4/2023). Pada etape keempat ini kondisi jalan terasa berbeda dengan jalur sebelumnya dari Pangandaran-Cilacap.

Bersama Mitsubishi, tim Kompas.com menempuh perjalanan mulai dari Jakarta, Palabuhan Ratu, Pangandaran, Cilacap, Yogyakarta, Pacitan, Malang, Semarang, Cirebon, dan akan mengakhiri perjalanan di Karawang, Jawa Barat.

Kompas.com memakai tiga mobil andalan sport utility vehicle (SUV) Mitsubishi, mulai Xpander Cross, Pajero Sport, dan Triton.

Etape pertama menempuh Jakarta-Pelabuhan Ratu, Etape kedua yaitu Palabuhan Ratu-Pangandaran, dan Etape ketiga Pangandaran-Cilacap, adapun Etape keempat yaitu Cilacap-Yogyakarta.

Total perjalanan Cilacap-Yogyakarta menempuh jarak lebih kurang 175 km. Mayoritas jalur cukup landai tidak terlalu berkelok-kelok seperti di Palabuhan Ratu dan Pangandaran, meski di beberapa titik tetap ada jalur berkelok.

Dalam perjalanan Merapah Trans-Jawa 2023 Pantai Selatan ini, tiap mobil diisi empat orang dewasa, yang terdiri gabungan antara laki-laki dan perempuan. Setiap mobil diisi barang bawaan pribadi.

Cara penghitungan dari konsumsi BBM menggunakan AVG yang berada di cluster instrumen. Khusus buat Pajero Sport dan Triton memakai mode transmisi 4x2.

Untuk diketahui dari Cilacap-Yogyakarta, hanya Xpander Cross yang mengisi bensin di Kebumen, Jawa Tengah, meski bensin masih setengah tangki karena dikhawatirkan tidak semua SPBU punya Pertamax.

Hasilnya, berdasarkan penghitungan AVG, rata-rata konsumsi bahan bakar Xpander Cross ialah 10,4 km per liter, kemudian untuk Pajero Sport sebesar 9,8 km per liter dan Triton sebesar 9,5 km per liter.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/17/151100315/etape-4-konsumsi-bbm-xpander-cross-pajero-sport-dan-triton

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke