Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cegah Kecelakaan, Menhub Imbau Masyarakat Tak Mudik Menggunakan Motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan data hasil survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub), diprediksi jumlah arus mudik Lebaran tahun ini akan membeludak dibanding tahun lalu.

Pengguna kendaraan pribadi diperkirakan jumlahnya masih mendominasi, termasuk pemudik sepeda motor.

Untuk mencegah terjadinya kecelakaan bagi pengguna motor, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, mengimbau masyarakat memanfaatkan program mudik gratis.

"Kami mengimbau masyarakat tidak menggunakan sepeda motor untuk mudik jarak jauh karena potensi untuk terjadi kecelakaannya sangat tinggi," ucap Budi dalam keterangan resminya, Senin (13/3/2023).

Lebih lanjut Budi mengatakan, program mudik gratis bisa dimanfaatkan tak hanya bagi penumpang, tapi juga untuk motor dengan fasilitas angkutan gratis. Dengan demikian, masyarakat tetap bisa bermobilitas di tempat tujuan.

Program mudik gratis diselenggarakan dengan tujuan mengurangi masyarakat yang menggunakan motor ke kampung halaman saat Lebaran.

Secara jumlah, diperkirakan mencapai 25,13 juta orang atau 20,3 persen dari total prediksi pemudik tahun ini yang mencapai 123,8 juta orang.

"Kita lihat penggunaan motor untuk mudik pada tahun ini masih cukup tinggi. Walaupun dengan berbagai alasan kemudahan, tetapi tetap keselamatannya tidak terjamin," kata Budi.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/14/093100815/-cegah-kecelakaan-menhub-imbau-masyarakat-tak-mudik-menggunakan-motor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke