Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Soal Subsidi Mobil Listrik, Hyundai Sebut Pemerintah Butuh Waktu

Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Makmur mengatakan, pihak Hyundai pada dasarnya sangat mendukung keputusan pemerintah yang berencana memberikan subdisi untuk pembelian mobil listrik baru.

"Begini kalau soal subsidi mobil listrik pada dasarnya kita sangat mendukung keputusan pemerintah. Karena kita sama-sama tahu pemerintah pun sudah mendukung sejak tahun pertama kali direncanakan program mobil listrik," kata Makmur di Jakarta, Rabu (11/1/2023).

"Nah, jadi memang kalau misalkan pemerintah mempersiapkan support mobil listrik itu saya yakin mereka (pemerintah) butuh waktu untuk mempersiapkan dari hulu ke hilir. Bagi kami yang penting support, kapanpun (subsidi) itu diberikan," kata dia.

Pada pertengahan Desember 2022, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, insentif terkait pembelian kendaraan listrik atau konversi tersebut sudah dalam tahap finalisasi.

Pembelian mobil listrik akan diberikan insentif sebesar Rp 80 juta, mobil hybrid sebesar Rp 40 juta. Kemudian insentif motor listrik sebesar Rp 8 juta, dan motor konversi menjadi motor listrik sebesar Rp 5 juta.

“Pemerintah sekarang sedang dalam tahap finalisasi, menghitung, untuk memberikan insentif terhadap pembelian mobil dan atau motor listrik. Insentif akan diberikan kepada pembeli yang membeli mobil atau motor listrik yang mempunyai pabrik di Indonesia,” ucap Agus.

Agus mengatakan subsidi pembelian kendaraan listrik ini bertujuan untuk merangsang daya beli masyarakat Indonesia ke kendaraan elektrifikasi yang ramah lingkungan, seraya mencapai target RI menuju Zero Emission pada 2060.

“Kami melihat ini sangat penting, karena indonesia belajar dari berbagai macam negara yang relatif lebih maju dalam electric vehicle baik itu mobil maupun motor listrik,” kata Agus.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/12/090200915/soal-subsidi-mobil-listrik-hyundai-sebut-pemerintah-butuh-waktu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke