Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Artinya Saat Indikator Rem ABS pada Mobil Menyala?

SEMARANG, KOMPAS.com - Fitur anti-lock braking system (ABS) sudah jadi standar keamanan bagi sebagian besar mobil-mobil baru saat ini.

Namun demikian, bila rem ABS mengalami masalah, biasanya pengemudi akan diberikan informasi melalui kedipan atau lampu indikator warna kuning yang menyala pada panel instrumen.

Indikator tersebut umumnya terdiri atas tulisan ABS di dalam lingkaran dengan dua lengkungan di sisi kiri-kanan. 

Tak jarang pengemudi mobil langsung panik dan beranggapan bahwa terjadi gagal fungsi pada sistem pengereman.

Lalu, apa yang harus dilakukan?

Menurut Kepala Bengkel Nissan Setyabudi Semarang Andika Herda Permana, jika lampu indikator rem ABS pada panel speedometer mennyala, pengemudi tak perlu panik. Sebab, rem mobil tetap berfungsi normal. 

"Indikator ABS nyala bukan menandakan semua fungsi rem bermasalah, tetapi hanya menunjukkan ada kendala pada sistemnya," ucap Andika kepada Kompas.com, Kamis (25/8/2022). 

Menurut Andika, biasanya hal tersebut terjadi karena sensor-sensor yang ada pada roda depan kanan, kiri, belakang, kena kotoran, akhirnya sensor mengalami masalah.

Andika menyebutkan, penyebab lain karena kelistrikan mobil terhubung dengan sistem ABS rusak, seperti digigit tikus, atau asalnya dari kontrol perangkat ABS yang ada pada ECU. 

"Bisa dimatikan dengan dicek atau scan DTC ECU. Nantinya bengkel akan setting ulang dan membersihkan sensor-sensor ABS," kata dia. 

Bisa dibilang, indikator ABS yang menyala menandakan mobil membutuhkan perawatan lebih lanjut. 

Untuk itu, Andika menyarankan, jika indikator lampu rem ABS nyala, sebaiknya pengemudi mobil mengurangi kecepatan. Baru dilanjutkan cek komponen ABS keseluruhan.

Mobil tetap boleh dijalankan, tapi dengan kecepatan terbatas. Sambil digunakan, coba rasakan rem dengan cara diinjak perlahan,  apakah jadi terlalu dalam atau malah kurang pakem. 

"Kalau rem jadi kurang pakem, bisa jadi ada kerusakan lain pada komponen pengereman. Segera berhenti dan cek bagian rem agar kerusakan tidak semakin parah dan membahayakan," tutup Dika.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/25/143100815/apa-artinya-saat-indikator-rem-abs-pada-mobil-menyala

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.