Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mobil Bermasalah, Vettel Naik Skutik Suzuki Address di GP Australia

MELBOURNE, KOMPAS.com – Pada babak FP1 F1 Australia 2022, Jumat (8/4/2022), pebalap tim Aston Martin Sebastian Vettel mengalami masalah teknis pada mobil balapnya.

Vettel terpaksa memberhentikan mobilnya di pinggir trek Sirkuit Albert Park, Australia. Ia tidak hanya gagal menuntaskan FP1, tapi juga dipaksa melewatkan sesi FP2.

Namun, puncak kesialannya adalah tindakannya yang mengitari sirkuit dengan skutik Suzuki Address. Hal itu terjadi ketika Vettel mencari cara masuk pit. Alih-alih dibonceng Marshal, ia malah memilih naik motor sendiri.

Mantan pembalap Red Bull dan Ferrari bahkan sesekali melakukan aksi lepas setang untuk melambaikan tangannya kepada para fans. Para penonton di pinggir trek pun bersorak sorai, netizen pun juga dibuat heboh dengan aksi Vettel ini.

Dilansir dari Motorsport (8/4/2022), atas kejadian tersebut, FIA segera melakukan investigasi karena Vettel dianggap melakukan pelanggaran telah masuk ke trek dalam waktu lima menit dari akhir sesi FP1 tanpa izin.

Walau telah memberikan penjelasan ketika dipanggil Steward, Vettel tak bisa lolos dari denda sebesar 5.000 Euro atau setara Rp 78 juta. Dia dianggap telah melanggar Pasal 26.7 Regulasi Olahraga F1.

Bicara soal Suzuki Address, skutik ini sejatinya merupakan produk global yang keberadaannya bukan cuma di Indonesia.

Di Australia, Address yang beredar mirip dengan versi Jepang yang memiliki perbedaan dengan produk Indonesia.

Misalnya pada behel belakang, di mana versi Jepang dan Australia dibekali dengan behel yang ukurannya lebih lebar. Behel itu juga berfungsi sebagai alas jika pemiliknya ingin menambahkan box penyimpanan.

Selain itu perbedaan lainnya ada pada lampu sein belakang, di mana Address versi Jepang punya lampu sein yang posisinya menempel di sepatbor belakang. Sementara lampu belakang menggunakan mika warna merah, tanpa lampu sein.

Adapun soal mesinnya, secara umum masih sama dengan Address versi Indonesia. Di mana skutik ini dibekali mesin SOHC 110 cc berpendingin udara yang menghasilkan tenaga 6,7 kW atau setara 8,9 tk pada 8.000 rpm dan torsi 8,6 Nm pada 6.000 rpm.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/09/033200415/mobil-bermasalah-vettel-naik-skutik-suzuki-address-di-gp-australia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke