Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yamaha Masih Meragukan Mekanisme Swap atau Cas Motor Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah mulai membangun ekosistem kendaraan listrik, berupa pengoperasian battery swaping station di beberapa titik di Jakarta.

Seperti diketahui, stasiun penggantian baterai motor listrik menjadi salah satu infrastruktur yang diperlukan untuk membentuk ekosistem kendaraan listrik secara menyeluruh.

Pada saat yang sama, sejumlah pabrikan mulai meramaikan produk-produk kendaraan listrik. Salah satunya Yamaha, dengan memamerkan konsep skuter listrik E01 di IIMS Hybrid 2022.

Namun pada kesempatan ini motor listrik Yamaha justu mengusung model baterai yang sudah paten alias tidak bisa ditukar-tukar.

“Ada dua macam kendaraan listrik, satu adalah yang bisa diganti baterainya, dan satu lagi adalah fixed battery, tapi dengan kapasitas lebih besar,” ucap Minoru Morimoto, Presiden Direktur dan CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, saat ditemui di IIMS Hybrid 2022 (31/3/2022).

“(Motor ini) Lebih mudah buat konsumen, karena bisa mengecas di rumah, saat sedang tidur. Selain itu, kami juga ingin tahu bagaimana konsumen kami menerima hal tersebut,” kata dia.

Sementara itu, ketika ditanya perihal skema mana yang akan dipilih Yamaha, khususnya antara swap baterai dan sistem charging, Morimoto menyerahkan pilihan ke konsumen.

“Kalau model swap, Anda harus menuju battery station untuk menggantinya. Tapi jenis baterai ini performanya mungkin cepat menurun, karena banyak konsumen pakai,” ucap Morimoto.

“Tapi fixed battery bakal terjaga kondisinya, karena kita tahu historinya. Sekarang kami ingin lihat dulu respons konsumen, lebih pilih yang mana,” ucap Morimoto.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/01/132200615/yamaha-masih-meragukan-mekanisme-swap-atau-cas-motor-listrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke