Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Merawat Pintu Geser Mobil agar Tetap Awet

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil multi purpose vehicle (MPV) dengan sliding door alias pintu geser masih jadi daya tarik tersendiri. Pintu geser pada mobil memang kerap diasosiasikan sebagai fitur yang mewah.

Mobil dengan pintu geser memiliki sejumlah kelebihan seperti memudahkan anak-anak dan lansia untuk masuk dan keluar kabin. Selain itu pintu jenis ini turut memudahkan penumpang saat mobil terparkir di lokasi yang relatif sempit.

Karena perbedaan mekanisme dengan pintu mobil pada umumnya, tentu terdapat sejumlah komponen yang berbeda pula dan perlu mendapatkan perhatian dengan perawatan berkala.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM menjelaskan bahwa perawatan pintu geser tidak sulit. Namun pemilik mobil perlu konsisten dalam merawatnya agar tetap awet dan optimal digunakan.

"Paling utama hindari buka-tutup pintu saat mesin mati. Karena, pada pintu geser yang menggunakan sistem elektrik, ketika mesin mati akan mengurangi daya pada aki," kata Didi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Hindari pula tindakan mempercepat gerakan membuka atau menutup pintu pada pintu geser dengan sistem elektrik. Biarkan sistem elektrik tersebut bekerja dengan normal agar tidak mudah rusak.

Selanjutnya, pastikan laher atau bearing pada pintu geser tetap dalam kondisi baik dalam arti tidak ada tumpukan kotoran atau mengalami aus. Jika laher mulai mengeluarkan suara saat pintu dibuka dan ditutup, segera beri pelumas.

Rutin pula untuk membersihkan area rel pintu secara berkala dari endapan kotoran agar tidak ada zat yang menyumbat gerakan geser pintu. Usai dibersihkan, olesi area rel tersebut dengan pelumas berbentuk pasta yang mengandung parafin.

Didi mengingatkan agar tidak menggunakan pelumas berupa cairan yang mengandung oli. Sebab oli akan memudahkan debu dan kotoran untuk menempel.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/01/154200715/merawat-pintu-geser-mobil-agar-tetap-awet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke