Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perang Avanza-Xpander Jilid II, Ini Prediksi Mobil di GIIAS 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun ini direncanakan untuk dihelat sesuai jadwal, yaitu 11-21 November 2021 di ICE, BSD City, Tangerang.

Berbagai persiapan tengah dilakukan seluruh pihak terlibat, tidak terkecuali pabrikan otomotif sebagai pesertanya. Sebab, ajang tahunan ini dipercaya bisa merangsang daya beli jelang akhir tahun.

Salah satu 'senjata' yang disiapkan ialah produk baru maupun penyegaran dengan berbagai sentuhan menarik. Sehingga, dapat mengambil hati para pengunjung pameran.

Hingga saat ini, sedikitnya ada empat mobil baru yang diperkirakan akan tampil di pameran tersebut. Berbagai bocoran di media sosial dan diler membuat rumornya semakin kuat, seperti generasi terbaru dari Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

1. All New Toyota Avanza dan All New Daihatsu Xenia

Kabar kehadiran dua mobil keluarga kembar ini sudah santer terdengar di media sosial dalam beberapa waktu terakhir. Bahkan, bocoran gambar dan NJKB-nya sudah dapat diakses.

Menurut informasi yang berkembang, baik Avanza maupun Xenia nantinya akan menggunakan platform terbaru yaitu Daihatsu New Global Architecture (DNGA) seperti pada Raize dan Rocky.

Sehingga, kuat dugaan salah satu aspek yang berubah pada mobil keluarga itu ialah skema penggerak roda menjadi front-wheel drive (FWD).

Kemudian, dalam dokumen Permendagri No. 40 Tahun 2021, diketahui pula Avanza terbaru bakal disematkan fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS). Sementara Xenia, dibekali peranti Advance Safety Assist (ASA).

Guna menambah kenyamanan dan kemudahan selama perjalanan, dua produk ini juga akan menggunakan transmisi CVT.

2. Mitsubishi Xpander Facelift

Ikut memanfaatkan ajang GIIAS 2021, Mitsubishi Indonesia agaknya tengah menyiapkan produk penyegaran baru untuk model Xpander.

Apalagi, Avanza-Xenia generasi baru sebagai pesaing terkuatnya di segmen pasar serupa, bakal diluncurkan di lantai pameran tersebut.

Hal ini kemudian diperkuat dari foto di media sosial yang berhasil ditangkap Kompas.com sebelum pada akhirnya dihapus.

Foto itu merupakan hasil rekaman ponsel, diduga tengah melakukan syuting di daerah Kuningan, Jakarta Selatan.

Kehadiran Xpander facelift tentu saja mengejutkan, sebab mobil ini baru saja melakukan facelift pada tahun lalu. Namun memang ketika facelift waktu itu ubahannya masih terbilang minim.

Hanya saja saat dikonfirmasi, pihak PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) belum memberikan kejelasan.

3. All New Honda HR-V

Usai menghadirkan generasi terbaru dari BR-V beberapa waktu lalu, Honda Indonesia memastikan masih memiliki satu amunisi produk baru untuk para pecintanya di Tanah Air.

Kuat dugaan, mobil tersebut ialah HR-V yang mana sudah tercatat di data Samsat DKI Jakarta baru-baru ini. Mobil menggunakan kode baru dengan harga yang lebih tinggi mulai Rp 3 jutaan dari sebelumnya.

Di sana, dinyatakan bahwa HR-V akan memiliki lima varian yaitu 1.5L E CVT, 1.5L CVT, 1.5 SE CVT, dan 1.5T RS CVT. Tidak ada lagi varian mesin 1.800 cc seperti generasi terdahulu.

Dengan rencana tersebut, besar kemungkinan bahwa mesin 1.500 cc pada HR-V terbaru akan disematkan turbo. Meninggalkan teknologi naturally aspirated-nya untuk mendapatkan performa maksimal.

4. Hyundai Stargazer

Prediksi mobil baru di GIIAS 2021 yang terakhir ialah Hyundai Stargazer. Tapi sampai kini, kendaraan belum tercatat di NJKB Kemendagri.

Kabar produk MPV yang akan menjadi pesaing Avanza dan Xpander kerap menjadi perbicangan dan topik hangat di internet. Terlebih munculnya sejumlah gambar render Hyundai Stargazer di sosial media.

Penampakan terakhir yang diperkirakan sebagai Hyundai Stargazer diunggah oleh pemilik akun Facebook @Cahyana Dharmawan, Minggu (3/10/2021).

Berdasarkan video yang dipostingnya, terdapat mobil misterius yang sedang diujicoba di Tol Cipali. Namun, bentukannya menyerupai kendaraan keluarga dan memanjang sehingga muncullah suatu kesimpulan bahwa Stargazer.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/14/142908515/perang-avanza-xpander-jilid-ii-ini-prediksi-mobil-di-giias-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke