Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Banyak yang Belum Tahu Fungsi Grill Depan Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu pendukung utama penampilan mobil adalah grill. Berbagai desain diciptakan oleh pabrikan mobil, bahkan dengan ciri khas tersendiri agar menjadi pembeda dengan pabrikan mobil lainnya.

Kebanyakan pengguna mobil tidak begitu memperhatikan dan melihat grill hanya sekedar aksesori saja. Padahal, fungsi grill mobil begitu penting.

“Fungsi utama grill pada mobil adalah sebagai saluran masuk angin untuk mendinginkan mesin. Angin akan masuk dan mendinginkan kisi-kisi radiator. Sehingga, suhu ideal mesin dapat terjaga secara optimal,” ucap Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriadi, belum lama ini saat dihubungi Kompas.com.

Bambang melanjutkan, jika angin tidak masuk dengan baik pada lubang-lubang grill ini, temperatur mesin bisa meningkat dan mesin akan mengalami overheat dan mogok.

“Melihat fungsinya yang sangat penting, pemilik mobil disarankan untuk tidak menutupi bagian grill. Sebab, beberapa kasus ada pemilik mobil yang menutup grill dengan spanduk saat ada cara tertentu.

Padahal, tindakan tersebut dapat menghambat aliran udara dan efek terburuknya mobil akan mengalami overheating,” kata dia.

Fungsi lain dari grill selain sebagai saluran udara, juga sebagai penambah nilai estetika. Beberapa pabrikan mobil ada yang sengaja mempertahankan bentuk grill mereka, karena sudah menjadi hal yang ikonik dari mobil tersebut.

Selain itu, grill juga bisa berfungsi untuk meningkatkan aerodinamika suatu mobil. Beberapa mobil yang ada membuat desain grill semakin minim lubang untuk mengalirkan udara ke ruang mesin.

Tujuannya agar udara yang menabrak area depan mobil dialihkan melalui sisi samping atau atas mobil. Dengan kata lain, mobil tidak terlalu tahan oleh angin.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/05/122100015/banyak-yang-belum-tahu-fungsi-grill-depan-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke