Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Terus Berinovasi, Hyundai Indonesia Hadirkan Robot Pintar Spot

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) secara resmi memperkenalkan sebuah robot pintar berkaki empat dari Boston Dynamics, Spot untuk pecintanya di dalam negeri.

Langkah tersebut seiring dengan visi pabrikan yaitu 'Progress for Humanity', yang mana menghadirkan era baru robotik. Tak hanya itu, fasilitas terkait nantinya bakal diterapkan di beragam kebutuhan termasuk otomotif.

"Transformasi strategis di tingkat global ini selaku Smart Mobility Solution Provider akan mengangkat layanan mobilitas ke tingkatan selanjutnya demi pengalaman terbaik bagi pelanggan," kata President Director HMID, Songjung Ha, Kamis (2/9/2021).

Berkolaborasi bersama Boston Dynamics, Hyundai melihat bahwa robotik memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas kehidupan di dunia kerja, di rumah, dan di manapun, dengan cara menghadirkan dukungan lebih bagi masyarakat luas.

Melalui sinergi ini, Hyundai depannya akan terus mengembangkan konsep mobilitasnya mencakup autonomous car, logistik, dan Urban Air Mobility.

Spot, robot pintar berkaki empat, merupakan robot pertama dari Boston Dynamics yang dikomersialisasikan. Keempat kaki Spot bergerak dengan lincah serta mampu menghindari rintangan dan melewati permukaan kasar secara jauh lebih baik dari pada menggunakan roda.

Selain itu, keempat kaki tersebut juga cukup kokoh untuk menopang beban hingga maksimal seberat 13,6 kg barang bawaan atau kargo.

"Kehadiran Spot di Indonesia akan menekankan bahwa kepiawaian Hyundai secara global tidak hanya terbatas pada menghadirkan mobil-mobil berkualitas, tapi juga berfokus dan tanpa henti menghadirkan beragam inovasi," kata Ha.

Lebih jauh lagi, ia mengungkapkan, masa depan di mana manusia dan robot akan hidup berdampingan telah datang lebih cepat dari yang selama ini kita fikirkan.

Di mana saat ini Hyundai telah menjadi lifetime partner sehari-hari bagi banyak orang, tak lama lagi Spot juga akan menjadi asisten dan pendamping cerdas bagi banyak orang juga.

"Saya mengajak semua pelanggan Hyundai dan penikmat otomotif untuk mengunjungi area pameran kami di Mall Kelapa Gading, dilanjutkan kehadiran di Hyundai City Store yang ada di berbagai lokasi di Jakarta, untuk menyapa Spot," tutupnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/02/182100115/terus-berinovasi-hyundai-indonesia-hadirkan-robot-pintar-spot

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke