Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berkaca dari Kecelakaan Bus di Tol Pemalang, Ini Bahaya Berkendara di Lajur Kanan

JAKARTA, KOMPAS.com – Kecelakaan di lajur kanan jalan tol kembali terulang. Kali ini insiden terjadi di Tol Pejagan-Pemalang KM 308, Desa Saradan, Kecamatan/Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah pada Minggu (11/7/2021).

Kecelakaan ini terjadi ketika bus PO Sudiro Tungga Jaya yang tengah melaju kencang, berusaha menghindari truk yang oleng ke kanan di KM 308 jalur A.

Karena jarak yang terlalu dekat, bus membentur bodi belakang truk. Tidak hanya itu, ketika menghindar bus juga menabrak pagar pembatas di kiri jalan, hingga terguling di badan jalan sebelah kiri.

Perlu dipahami, berkendara di jalan tol butuh konsentrasi tinggi. Terlebih buat mereka yang melaju dengan kecepatan tinggi di lajur kanan.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, peluang terjadinya kecelakaan membesar ketika seseorang tidak berkonsentrasi secara penuh.

Padahal sudah banyak contoh kecelakaan, namun banyak pengendara tidak peduli bahwa lajur kanan sebetulnya paling berbahaya.

“Kenapa berbahaya? Lajur kanan itu merupakan yang paling cepat laju kendaraannya,” ujar Sony, kepada Kompas.com belum lama ini.

“Biasanya saling mendahului pada lajur kanan, sehingga jarang yang menjaga jarak,” kata dia.

Oleh sebab itu, pengendara yang melaju di lajur kanan juga harus mengetahui batas kecepatan yang aman. Tujuannya agar selalu mendapat jarak aman dengan kendaraan di depan.

Sementara itu, dari sisi mobil-mobil yang berada di lajur dua atau tiga, sebaiknya lebih berhati-hati ketika pindah ke lajur kanan.

“Beri ruang untuk kendaraan yang akan mendahului, biasanya mereka ada kepentingan yang lebih utama,” ucap Sony.

Jangan lupa untuk menyalakan lampu sein dan memastikan kondisi di belakang dari kaca spion sudah aman.

Kemudian, jika sudah mendahului segera kembali ke lajur kiri, untuk menghindari kecelakaan tabrakan beruntun.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/12/110200015/berkaca-dari-kecelakaan-bus-di-tol-pemalang-ini-bahaya-berkendara-di-lajur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke