Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Foto Viral Bus dengan As Roda Putus, Apa Potensi Penyebabnya?

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini, ada foto viral bus yang sedang berjalan di jalan tol dengan as roda belakang putus di internet. Peristiwa ini terjadi di ruas Tol Kebun Jeruk, Sabtu (23/1/2021). Beruntung tidak ada korban jiwa pada kejadian ini.

Namun melihat kejadian ini, sebenarnya agak jarang terjadi pada bus, lebih sering dialami oleh truk. Deputy GM Product Division PT Hino Motors Sales Indonesia Prasetyo Adi Yudho mengatakan, penyebab patahnya as roda belakang biasa karena beban berlebih.

“Kalau di truk, as belakang putus karena membawa beban yang berlebih kemudian melalui jalan yang berlubang dan berlumpur. Sehingga lama-lama retak dan akhirnya patah,” ucap Prasetyo kepada Kompas.com, Sabtu (23/1/2021).

Prasetyo menjelaskan, jalan yang berlumpur tadi membuat ban selip. Kemudian ditambah dengan beban yang berlebihan, terjadi puntiran pada as roda yang akhirnya bisa putus.

“Sedangkan kalau di bus, mungkin karena kondisi jalan yang tidak bagus terus tetap dalam kecepatan tinggi. Sehingga terjadi getaran yang berlebih,” kata Prasetyo.

Selain itu, bisa juga disebabkan dari quality control. Misalnya seperti material yang kurang baik atau proses pembuatan yang keliru. Selain itu, PO bus tersebut juga seharusnya lebih memerhatikan kondisi bus ketika mau beroperasi.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/25/100200815/foto-viral-bus-dengan-as-roda-putus-apa-potensi-penyebabnya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke