Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Viral Alphard Penyok Menabrak Sepeda, Ini Penyebabnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini ada video yang viral di media sosial, menggambarkan Toyota Alphard yang penyok ketika menabrak sepeda.

Video berdurasi 25 detik yang diunggah oleh akun instagram @mobilngakak memperlihatkan roda sepeda yang masih utuh menempel pada bodi Toyota Alphard justru malah penyok.

Tidak sedikit warganet yang menyimpulkan bahwa bodi mobil jaman sekarang lebih gampang penyok meskipun hanya terbentur sedikit, sangat berbeda dengan bodi mobil lansiran tahun 80-an ke bawah.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, ada bagian mobil yang memang dirancang untuk menyerap benturan pada saat terjadinya tabrakan.

“Bagian depan dan belakang mobil adalah bagian yang rawan benturan dan paling sering penyok,” ujar Didi belum lama ini kepada Kompas.com.

Didi melanjutkan, di bagian tersebutlah sebetulnya bodi mobil didesain dengan sistem keselamatan pengemudi dan penumpang dari risiko fatal, saat terjadinya benturan atau yang biasa disebut dengan zona tumbuk alias crumple zone.

Zona tumbuk alias crumple zone adalah, area di mana kendaraan didesain untuk mengerucut dan mudah berubah bentuk saat tabrakan. Dengan begitu, energi akan terserap dan mengurangi efek tabrakan yang bisa menyebabkan cedera fatal pada manusia di kabin.

Cara yang benar mengetahui kuat atau tidaknya mobil terhadap benturan adalah dari struktur rangkanya. Setidaknya ada dua struktur rangka pada mobil penumpang, yaitu sasis dan monokok.

Keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu menopang beban kendaraan, termasuk melindungi penumpang dari efek tabrakan.

Namun Didi mengingatkan, ada satu faktor yang bisa mengacaukan itu semua, yaitu kecepatan.

“Sebab, jika kecepatan over, mau safety zone sekuat apapun pasti efeknya akan parah,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/25/082200915/video-viral-alphard-penyok-menabrak-sepeda-ini-penyebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke