Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berikut Plus Minus Gunakan Ban Profil Lebar pada Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempercantik tampilan eksterior mobil kesayangan, salah satunya mengubah desain serta ukuran kaki-kaki kendaraan yang terdiri dari pelek dan ban.

Biasanya, modifikasi pada sektor tersebut dilakukan dengan cara memperlebar profil ban yang dibarengi ukuran pelek, sehingga bodi mobil menjadi lebih turun alias ceper.

Hasil yang didapat tentu menjadikan kendaraan semakin menarik dan sporty, namun penggunaan ban lebih lebar dari standar punya beberapa risiko. Hal ini perlu dicermati, khususnya bagi pemula yang ingin melakukan modifikasi.

"Pertama adalah masalah aquaplaning. Karena friksi ban ke aspal bisa lebih cepat hilang, maka lebih cepat pula mobil kehilangan pengendalian," kata Yase Simanjuntak, Manager Technical Support TRKM Group selaku prinsipal Deltalube di keterangan tertulis.

Kemudian, penggunaan ban lebar cenderung menghasilkan suara lebih bising ketika melaju. Memang, masalah ini bisa ditekan dengan pemilihan pelek yang tepat. Tapi tetap saja, kenyamanan berkendara akan berkurang.

Ban lebih lebar juga terkadang bisa melebihi ruang sepatbor mobil. Supaya terhindar dari gesekan (naik-turun dan kiri-kanan ban terganggu), umumnya bibir spatbor perlu dilipat atau digunting. Selain itu, radius putar mobil juga bisa jadi lebih lebar dari biasanya.

Adapun kelebihan dalam melakukan modifikasi ukuran profil ban, dalam kondisi basah maupun kering ban lebih dapat mereduksi jarak pengereman mobil karena adanya peningkatan rolling resistance dan grip.

Lalu, ban lebih lebar juga akan memberi performa pengendalian lebih baik berkat traksi ban yang lebih besar dibanding ban pipih. Termasuk ketika menikung cepat, gejala bodi mobil bergeser lebih minim.

"Menggunakan ban lebar juga bisa meningkatkan akselerasi mobil. Tapi ini kembali lagi tergantung pada pengerjaan modifikasi dan peruntukkan mobil. Kalau masih dipakai harian, lebih baik dipikirkan kembali," tulis Deltalube.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/02/200100615/berikut-plus-minus-gunakan-ban-profil-lebar-pada-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke