Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Honda Monkey 125 Cafe Racer, Sebuah Pengecualian

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan model standarnya, Honda Monkey 125 sudah memiliki desain yang retro dan unik. Meski demikian, ada saja yang masih belum puas dengan bawaan pabriknya.

Salah satunya adalah bengkel custom sekaligus produsen aksesori aftermarket, K-Speed, asal Thailand. Bengkel ini sebenarnya enggan membuat motor custom yang kapasitas mesinnya tergolong kecil. Namun, K-Speed membuat pengecualian hanya untuk Monkey.

Dikutip dari BikeExif.com, konsep yang dibangun adalah gaya cafe racer. Jika diperhatikan, sebenarnya ubahan yang dilakukan cukup sederhana.

Paling mencolok hanya di bagian kaki-kakinya. K-Speed menggunakan pelek aftermarket untuk Honda Grom yang memiliki ukuran 14 inci. Dengan bagian tengahnya ditutup pelat, seperti model monoblock.

Bagian tangki masih bawaan Honda, hanya dicat ulang menjadi krom. Joknya baru merupakan hasil custom.

Namun, sedikit berbeda dengan cafer racer pada umumnya. Kali ini, K-Speed tidak memberikan horner alias buntut tawon di bagian buritannya.

Di bagian setang, dibuat terlihat rapih dan minimalis. K-Speed menggunakan setang jepit yang diletakkan di bawah segitiga agar posisi berkendara lebih merunduk. Sedangkan spidometer aftermarket, dicari yang bentuknya hanya bulat agar tetap sederhana.

Salah satu bagian yang dianggap "mengganggu" adalah kotak filter udara. Komponen ini diganti dengan penggunaan velocity. Untuk pipa knalpot, dibuat melalui bawah dengan model SuperTrapp.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/26/100200915/honda-monkey-125-cafe-racer-sebuah-pengecualian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke