Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yamaha Khawatir Virus Corona Ganggu Kinerja Ekspor

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha Indonesia mengaku tengah memantau perkembangan wabah virus corona (covid-19) yang menjangkit berbagai negara di Eropa. Sebab, masalah tersebut berpotensi mengganggu kinerja ekspor tahun ini.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tercatat sebagai produsen roda dua dengan volume ekspor tertinggi selama 2019 dengan capaian 379.775 unit, dibuntuti Honda dengan 301.935 unit.

"Sejauh ini sebenarnya belum berpengaruh, tapi mungkin dalam beberapa waktu ke depan daya beli bisa terganggu karena sektor pariwisata sudah mulai kena," kata GM After Sales & Motorsport PT YIMM M.Abidin di Jakarta, Selasa (10/3/2020).

"Baru Italia saja kan yang heboh, negara lain seperti Spanyol, Inggris, Perancis, Amerika Serikat, hingga Asia Tenggara baik-baik saja. Namun memang ke depan efek dari virus ini patut diantisipasi," lanjutnya.

Meski demikian, pertumbuhan Yamaha di tahun ini diperkirakan bakal tetap atau tidak berubah karena tertolong pada penjualan domestik.

"Domestik itu masih dominan, saat ini masih oke (tidak berpengaruh). Mudah-mudahan setelah musim panas semuanya bisa terlewati (selesai)," ujar Abidin.

Adapun informasi detail terkait ekspor motor Yamaha, ia masih belum bisa mengatakannya secara pasti. Sebab, saat ini masih berkembang.

"Pasar domestik sampai saat ini lancar, tidak ada masalah. Lagi pula, subsitusi (komponen) itu banyak sehingga kalau ada barang yang diambil dari China atau Eropa bermasalah, bisa diambil dari wilayah lainnya," ucap Abidin.

Pada sisi manufaktur, lanjutnya, setiap komponen itu selalu disediakan cadangan stok untuk beberapa bulan ke depan. Jadi kalau ada masalah, produksi tetap berjalan hingga batas waktu tertentu sampai pasokkan komponen tersebut kembali normal.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/11/160200315/yamaha-khawatir-virus-corona-ganggu-kinerja-ekspor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke