Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak Cara Menyelamatkan Mobil yang Tiba-tiba Terbakar di Jalan

JAKARTA, KOMPAS.com – Kejadian yang menimpa Raffi Ahmad akhir pekan lalu bisa saja dialami banyak orang. Seperti diketahui, Lamborghini miliknya terbakar tiba-tiba saat dibawa berkendara di kawasan Sentul, Jawa Barat.

Meski kasus mobil terbakar bukan kali pertama terjadi, nyatanya kejadian ini tetap membuat banyak orang panik. Sebab tiap mobil punya potensi untuk terbakar, oleh sebab itu kita harus waspada saat berkendara di manapun.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan, mengingatkan para pengguna mobil untuk tetap tenang jika mobil tiba-tiba terbakar.

“Kalau memang terjadi pada kita jangan panik, segera pinggirkan kendaraan. Nyalakan hazard sebagai tanda keadaan darurat,” ujarnya saat ditanya Kompas.com Selasa (22/10/2019).

Jika masih sempat, silakan menyelamatkan barang-barang berharga yang berada di mobil. Tapi kalau api sudah cukup besar, prioritaskan keselamatan Anda. Jauhi diri dari kobaran api jadi langkah paling bijak.

Anda juga bisa meminta bantuan orang lain untuk memadamkan api. Usahakan untuk memadamkan api menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan), karena dirasa lebih efektif memadamkan mobil yang terbakar, ketimbang menyiram api dengan air atau pasir.

“Kalau tidak terdapat APAR agak sulit untuk memadamkan api. Menggunakan APAR pun ada caranya, kalau bisa kap mesin depan jangan dibuka, cukup buka kunci kap mesin dari dalam kabin,” kata Marcell.

“Karena kalau kap mesin kita buka secara penuh, akan men-supply oksigen lebih banyak, sehingga api bisa tambah besar. Jadi kita menyemprot APAR lewat sela-sela saja,” ucapnya.

Kasus mobil terbakar memang tidak dapat diprediksi. Oleh karena itu, Marcell mengingatkan pengguna mobil agar menyimpan APAR di mobil untuk keperluan darurat.

“Buat jaga-jaga, APAR penting ada di mobil meski saat ini belum jadi standar,” ujarnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/10/23/112200915/simak-cara-menyelamatkan-mobil-yang-tiba-tiba-terbakar-di-jalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke