Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

FR 70, Nenek Moyang Motor Bebek Suzuki di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Awak redaksi kali ini coba menghadirkan foto sepeda motor spesial (collectible item) dalam bentuk goresan sketsa hasil karya Oni Faristiwa. Liputan karya seni berupa goresan tersebut akan hadir reguler setiap Jumat, di kanal otomotif Kompas.com.

Pekan kesembilan ini, awak redaksi menghadirkan bebek lawas yang menjadi nenek moyangnya motor bebek Suzuki di Indonesia, yakni FR 70.

Motor ini pertama kali diperkenalkan pada 1973, bersamaan dengan peluncuran Suzuki A100. Namun, Suzuki baru memasarkannya di tahun berikutnya. Pemasarannya dilakukan di tahun 1974 oleh PT Indohero Steel & Engineering Co hingga tahun 1980-an.

Memiliki desain yang serupa, tipe FR keluar dengan beberapa tipe, antara lain FR 50, FR 70, dan FR 80. Untuk FR 50, motor bebek ini dipasarkan di Eropa, tepatnya Inggris. Sementara FR 70, dipasarkan di Indonesia. Lalu, hadir FR 80 menggantikan keberadaan pendahulunya, motor ini juga dikenal dengan sebutan Suzuki Family.

Urusan dapur pacu, Suzuki membekali FR 70 dengan mesin berkubikasi 69 cc. Berbeda dengan kompetitornya pada masa itu, Honda C70 yang menggunakan mesin 4-tak, Suzuki lebih mengandalkan mesin 2-tak pada FR 70. Dengan girboks semi-otomatis, Suzuki FR 70 dibekali dengan tiga percepatan.

Mesin berpendingin udara ini memiliki sistem pelumasan Suzuki CCI System. Suzuki juga sudah mengaplikasikan electric starter agar lebih mudah menghidupkan mesin. Sementara untuk menyuplai kebutuhan listrik, dibekali aki berkapasitas 6 volt untuk menghidupkan sistem penerangan dan klakson.

Meski sudah tergolong motor antik, masih cukup banyak Suzuki FR 70 yang dijual di pasaran. Harganya sendiri sekarang ini di kisaran belasan juta rupiah, tergantung dari kondisinya.

Anda yang penasaran ingin melihat sketsa roda dua lain dari Oni, bisa langsung kunjungi akun Instagram miliknya, @_akune.

Data spesifikasi Suzuki FR 70:
Mesin
Tipe mesin : 2 tak, berpendingin udara, katup rotary
Volume silinder : 69 cc
Diameter x Langkah : 49 x 42 mm
Tenaga maksimum : 6.8 hp (5.1 kW)/ 5,500 rpm
Torsi maksimum : 8.04 Nm (0.82 kg-m)/ 4,500 rpm
Transmisi : 3 kecepatan
Kaki kaki
Rem depan : Tromol
Rem belakang : Tromol
Suspensi depan : Leading link
Suspensi belakang : Swingarm dengan 2 shockbreaker
Kelistrikan
Aki : 6V

https://otomotif.kompas.com/read/2019/06/07/130400715/fr-70-nenek-moyang-motor-bebek-suzuki-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke