Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Satu Expander, Dihadang Mobilio dan BR-V

Baca: Honda Jaga Konsumen dari Gempuran Produk MPV Lain

Dalam hal ini, kita tak berbicara khusus low MPV, namun lebih luas pada pasar kendaraan penumpang 7-penumpang. Di pasar tersebut, Honda punya dua model, yakni Mobilio dan BR-V. Dua-duanya berada di segmen yang berbeda, namun menerima kebutuhan yang hampir sama.

”Saya rasa konsumen sudah pasti berbeda, dan kami menghadapi persaingan bukan yang pertama. Sejak awal sudah ada (persaingan). Kami ada Mobilio dan B-RV (untuk melawan Expander). Ini soal pilihan desain,” ujar Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual HPM Jonfis Fandy, (26/7/2017).

Baca: Potensi Tarik-Menarik Konsumen Antara Mobilio-Expander

Paling penting, lanjut Jonfis, konsumen Honda tetap dijaga, dan adanya perbaikan serta layanan purnajual yang semakin terjangkau oleh lebih banyak masyarakat di Indonesia.

”Kemarin ada yang bilang, merek lain sudah 300 (diler), kenapa honda masih 200? Saya nggak perlu (sebanyak itu), karena volume unit saya hanya segitu, masih cukup. Jadi kalau investasi tanpa pertimbangan, ya salah juga,” kata Jonfis.

Ditegaskan bahwa Honda saat ini tidak berlomba di angka, tapi angka 200 (diler) itu dibutuhkan karena jualan yang meloncat hampir 200 persen. Urgensi menambah jaringan memang sedang dibutuhkan Honda dan itu sudah dilakukan sejak dua tahun belakangan.

”Jaringan kami semua 3S (sales, service, spareparts). Nggak ada yang outlet saja, kalau kami harus 3S, karena yang kami develop bukan penjualan, tapi servis. Jualan gampang di mal, yang kita jaga konsumen udah beli, tapi masih mau datang,” ucap Jonfis.

https://otomotif.kompas.com/read/2017/07/28/143245315/satu-expander-dihadang-mobilio-dan-br-v

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke