Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Skuter Listrik di Taiwan Bisa Dicontoh Indonesia

Kompas.com - 25/02/2017, 09:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Taipei, KompasOtomotif — Popularitas skuter listrik melonjak di Taiwan, didorong oleh subsidi yang diberikan pemerintah dan perkembangan yang baik dari sisi kreativitas. Beberapa pihak melihat, motor listrik diperkirakan bakal menjadi ekspor besar berikutnya dari Taiwan.

Mengutip Nikkei, Jumat (24/2/2017), tercatat ada 20.915 skuter listrik baru terdaftar pada 2016, atau hampir dua kali lipat dari jumlah 2015. Konsumen tertarik karena subsidi pemerintah, bersama dengan inovasi sistem pertukaran baterai cepat dan nyaman, yang dirancang oleh startup lokal.

Model motor listrik menyumbang 2,5 persen dari semua pendaftaran skuter pada 2016. Pada tanggal 6 Februari, Menteri Perekonomian Taiwan Lee Chih-kung menyelenggarakan acara untuk merayakan promosi sukses dari teknologi ini.

Di sela-sela acara, Lee Chih-kung mengumumkan target penjualan yang ambisius, dari 40.000 skuter listrik untuk 2017 hingga 200.000 untuk 2021. Sebagai perbandingan, di Jepang, hanya sekitar 5.000 kendaraan listrik roda dua terjual setiap tahun, dengan penduduk yang 5,5 kali lebih besar, menurut Fuji Chimera Research Institute.

Konsep “battery swap”

Terlepas dari subsidi, permintaan motor listrik yang besar di Taiwan juga karena perusahaan startup Gogoro. Mereka mulai memasarkan skuter elektrik di Taiwan pada Juni 2015, dan memperkenalkan konsep sistem pertukaran baterai (battery swap).

Jadi pemilik skuter listrik yang baterainya sudah habis tidak perlu melakukan pengecasan, hanya tinggal menukar dengan yang sudah penuh di stasiun pertukaran. Konsep ini bisa dikatakan sama dengan konsep pembelian botol air mineral atau tabung gas untuk kompor.

Gogoro sudah menyediakan 290 stasiun penukaran, di mana jumlah ini melebihi stasun pengisian bahan bakar di Taipei. Sekitar 10.000 baterai dipertukarkan setiap harinya.

Belajar dari konsep yang diterapkan di Taiwan, bukan tidak mungkin Indonesia bisa menerapkan hal serupa dan mulai mengembangkan kendaraan roda dua listrik. Terlebih lagi, saat ini sudah ada calon skuter listrik nasional Gesits yang siap memenuhi permintaan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com