Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama dalam 50 Tahun, Volvo Tumbang di Rumah Sendiri

Kompas.com - 04/01/2017, 10:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber BBC News

Stockholm, KompasOtomotif – Pertama kalinya dalam setengah abad, mobil terlaris di Swedia bukan Volvo. Adalah Volkswagen Golf yang akhirnya meruntuhkan dinasti kuat mobil dalam negeri, sekaligus menahbiskan diri sebagai mobil paling populer di Negeri Skandinavia itu pada 2016.

Seperti dilaporkan BBC, (3/1/2016), asosiasi produsen otomotif di Swedia mengonfirmasi bahwa 5,9 persen mobil baru yang terjual adalah VW Golf. Sementara Volvo, harus bersusah payah mengejar, karena tiga model terlaris yakni V70, S90, dan V90 jika digabungkan masih tertahan di pangsa pasar 5,7 persen.

Dominasi Volvo pun runtuh sejak 1962. Saat itu, Volkswagen Beetle membuktikan diri sebagai yang terbaik dan menjadi mobil paling laris dan populer di Swedia.

Meski Volvo kini sudah dimiliki perusahaan China, Zhejiang Geely Holding Group, merek ini masih menjadi ikon Swedia. Secara total Volvo masih menguasai pasar 21,5 persen. Bandingkan dengan VW yang masih berada di 15,7 persen.

Di Swedia, asosiasi menyatakan bahwa pada 2016, penjualan mobil mencapai rekor tertinggi dalam sejarah, yakni 372.000-an atau naik 8 persen jika dibandingkan  dengan  2015. Pencapaian itu membantu perekonomian global yang membaik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com