Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deteksi Penyebab Asap Putih dari Knalpot

Kompas.com - 29/11/2016, 08:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pada kondisi normal, gas yang keluar dari knalpot mesin seharusnya tidak terlihat. Nah, kalau sampai terlihat asap putih atau hitam berarti indikasinya terjadi kesalahan pada kerja mesin.

Arifani Prabowo General Manager Product Development Kia Mobil Indonesia, menjelaskan, pada knalpot mesin bensin yang mengeluarkan asap putih tandanya pembakaran tidak sempurna. Indikasinya, campuran udara dan bahan bakar minyak (BBM) tidak seimbang, oktan tidak sesuai, atau ada campuran kimia misalnya oli masuk ke ruang bakar.

Asap terjadi karena partikel yang tidak terbakar di ruang bakar,” kata Arifani, Senin (28/11/2016).

Asap berwarna hitam pada knalpot mesin bensin dikatakan jarang terjadi. “Tapi kalau putih kehitaman mungkin terjadi pada saat engine flush. Saat beroperasi normal, mesin bensin tidak berwarna hitam,” jelas Arifani.

“Kendaraan berbahan bakar bensin cenderung berwarna putih, karena bensin, oli, atau kimia tambahannya berwarna putih. Itu kebalikannya pada mesin diesel. Di mesin bensin seharusnya jarang terjadi asap di knalpot,” terang Arifani lagi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com