Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menguji Seberapa Irit Honda Brio Satya

Kompas.com - 04/10/2016, 17:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Sebagai mobil murah (LCGC) yang mendapat subsidi dari pemerintah karena banyak konten lokal dan irit bahan bakar, sudah selayaknya konsumsi bensin Honda New Brio Satya menjadi bahan pertimbangan.

Kalau pun tak masuk skema LCGC, city car seperti Brio Satya sudah sewajarnya tak banyak minum. Mesin i-VTEC Honda sudah teruji tak merongrong soal bensin, apalagi yang digendong kali ini berkapasitas 1.200 cc.

KompasOtomotif menganalisa konsumen bahan bakar melihat angka yang ditunjukkan multi information display (MID). Rute penjelajahan hanya meliputi daerah Jakarta dan sekitarnya, dan mobil diisi tiga hingga empat orang.

MID di-restart hingga rata-rata konsumsi bahan bakar netral kembali. Selanjutnya, pengujian dilakukan layaknya pengguna pada umumnya. Selalu menggunakan AC dengan suhu sekitar 20 derajat celcius dan sesekali tidak mengikuti metode eco driving untuk mencapai tujuan lebih cepat.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Konsumsi bahan bakar Honda Brio Satya dari MID.
Kondisi lalu lintas pada akhir pekan di Jakarta sangat padat, ini bisa menjadi salah satu tolok ukur seberapa irit Brio Satya dipakai stop and go. Oh iya, bensin yang ditenggak punya angka RON 92, seperti patokan minimal LCGC.

Setelah berjalan lebih dari 300 km, rata-rata konsumsi bahan bakar pada MID menunjukkan 14,2 kpl. Angka ini cukup normal dan tergolong irit, mengingat beberapa kondisi lalu lintas dan beban muatan yang cukup penuh, termasuk bagasi.

Ingat pula bahwa unit yang dipakai KompasOtomotif adalah tipe CVT. Pasti akan jauh lebih irit jika menggunakan tipe transmisi manual.

Memang, MID kadang tidak akurat dalam pengukuran. Anggaplah toleransi akurasi sebesar 10 persen, berarti konsumsi bahan bakar masih berada di 12,5-13 kpl, sudah cukup irit untuk kondisi pemakaian dalam kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com