Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Sepeda Motor Diharap Membaik Agustus

Kompas.com - 29/08/2016, 08:03 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Bulan pertama di semester kedua 2016, angka penjualan sepeda motor tampak buruk, di mana penurunan dialami sampai 47 persen (Juli dibanding Juni). Ini merupakan penurunan tertinggi sepanjang 2016.

Sigit Kumala, Ketua Bidang Komersial Asosisasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) memprediksi kalau penjualan pada bulan Agustus 2016 mulai kembali normal. Penurunan yang terjadi pada bulan Juli, karena hari aktif yang terbilang sedikit dibanding bulan lain.

“Targetnya Agustus sudah mulai membaik. Pasalnya Juli juga hanya sekitar 2 pekan, jadi Agustus sepertinya sudah mulai sih,” ujar Sigit kumala yang juga merupakan Chief Executive Astra Motor, saat berbincang dengan KompasOtomotif, Sabtu (27/8/2016).

Ghulam/KompasOtomotif Honda masih mengusai penjualan sebesar 72,28 persen.

Sigit mengatakan, pertumbuhan penjualan pada Agustus diperkirakan terbantu oleh panen raya di daerah-daerah, khususnya Jawa-Bali. Kondisi tersebut membuat daya beli masyaraat pembeli sepeda motor terdongkrak.

“Seperti misalnya Temanggung dengan tembakau-nya. Namun setelah panen tidak tahu lagi bagaimana kondisinya,” ujar Sigit, seraya memberi sinyal akan ketidakpastian pasar sepeda motor semester kedua 2016.

Luar Jawa-Bali

Sigit menyampaikan, jika wilayah Jawa-Bali masih bisa diprediksi, sementara daerah di luar itu, khususnya Sumatera dan Kalimantan cukup sulit. Ini karena ketergantungan akan sektor komoditi sawit, karet dan tambang, yang saat ini dalam kondisi labil.

“Sementara Sulawesi masih lebih baik dibanding Sumatera dan Kalimantan. Ini karena Sulawesi masih cukup bervariasi komoditinya, sedangkan Sumatera hanya sawit dan karet, lalu Kalimantan tambang. Kalimantan Timur contohnya, yang turun dari angka 8.000-10.000 unit, namun saat ini tinggal 4.000 unit, tidak tahu sampai kapan,” kata Sigit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com