Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajaran SUV Topang Hidup Lexus di Indonesia

Kompas.com - 14/08/2016, 17:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif – Peluang pasar mobil mewah saat ini cukup besar. Bahkan, dalam beberapa waktu ke depan, bisa bertambah dahsyat karena mulai adanya pemberlakuan tax amnesty di Indonesia. Lexus salah satunya, bersiap menikmati penjualan yang bakal terus menanjak.

General Manager Lexus Indonesia, Adrian Tirtadjaja mengatakan bahwa celah untuk mobil luks sekitar 0,8 persen dari total pasar otomotif nasional. Meskipun perekonomian Indonesia tahun ini menghadapi banyak tantangan, tapi penjualan Lexus akan terus bertahan.

Sejak Januari hingga Juli 2016, penjualan Lexus melesat 242 pesen dibandingkan periode yang sama tahun yang lalu. Tujuh bulan pertama itu, merek mewah Toyota tejual 579 unit.

Adrian menyebut, kenaikan penjualan ini bukanlah menunjukkan semakin besarnya kepercayaan konsumen terhadap Lexus Indonesia. ”Modal kepercayaan itulah yang akan kami jaga untuk terus mengembangkan layanan terbaik demi kepuasan pelanggan di Indonesia,” ujar Adrian, (12/8/2016), di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

SUV
Primadona penjualan Lexus masih pada segmen Sport Utility Vehicle (SUV). Hal ini seiring dengan perubahan tren pasar di Indonesia, dimana komposisi SUV mengalami kenaikan dibandingkan dengan tipe sedan.

Lexus NX terjual sebanyak 331 unit pada 2015. Sementara sepanjang  semester pertama Januari-Juli 2016 sudah terjual sebanyak 142 unit, dan diperkirakan angka tipe ini masih akan terus bertambah.

Di Indonesia, Lexus NX menjadi market leader dengan pangsa pasar 37 persen. Model NX semakin mengukuhkan sukses merek ini di segmen SUV yang sebelumnya telah memiliki RX dan LX.

Sementara RX yang berada di segmen crossover premium, juga menjadi market leader di kelasnya dengan pangsa pasar 35 persen. Pun demikian dengan LX.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com