Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“Recall Airbag” Takata Terus Bertambah

Kompas.com - 29/05/2016, 13:15 WIB
Aditya Maulana

Penulis

California, KompasOtomotif – Produsen kantung udara (airbag) ternama asal Jepang, Takata kembali harus menelan pil pahit. Sebab, kampanye perbaikan massal (recall) yang dilakukan selama ini jumlahnya terus bertambah banyak .

Diberitakan laman reuters, Minggu (29/5/2016), Lembaga keselamatan jalan raya Amerika Serikat NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration) mengumumkan, Takata harus menarik kembali 12.050.000 kendaraan yang berada di AS. Jumlah tersebut jika diakumulasi dengan sebelumnya, bisa mencapai lebih dari 34 juta unit mobil di seluruh dunia.

Produsen otomotif yang harus melakukan perbaikan massal itu meliputi Subaru, Mazda, Fiat-Chrysler, Nissan, Honda, Ferrari, Toyota dan Mitsubishi.Perluasan seperti ini diprediksi NHTSA, akan terus terjadi hingga akhir 2019.

Sebagai bentuk perlindungan kepada masyarakat, NHTSA akan meminta Takata untuk bertanggung jawab memperbaiki semua kendaraan. Batas waktunya diberikan sampai akhir Desember 2019.

Sepanjang kasus ini, NHTSA mencatat ada 13 orang dari seluruh dunia yang meninggal karena kantung udara Takata dan 100 lebih orang mengalami luka-luka.

Airbag Takata itu mengalami masalah pada bagian propelan yang akan meledak dengan kekuatan besar dan membuat pecah tabung inflator.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com