Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rossi Berhati-hati di Le Mans

Kompas.com - 06/05/2016, 10:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Sumber Crash

Le Mans, KompasOtomotif – Masih cukup segar ingatan akan kemenangan spektakuler Valentino Rossi di Jerez, Spanyol. Kali ini, Rossi harus kembali bertanding, dan mempertahankan kemenangannya di Sirkuit Le Mans, Perancis, Minggu (8/5/2016).

Jika bisa kembali menangan pada balap kali ini, Rossi akan mendapatkan poin besar dan menempel dua rival utama, Jorge Lorenzo dan Marc Marquez dengan ketat. Saat ini posisi pertama ditempati Marquez dengan 82 poin, Lorenzo 62 poin, dan Rossi ketiga dengan raihan 58 poin.

Ketiganya sudah mendapatkan podium pertama pada musim ini. Khususnya Rossi, dirinya saat ini akan sangat fokus untuk bisa mengulang keperkasaannya, seperti saat berlaga di sirkuit Jerez, Spanyol, yang merupakan kandang dari sembilan pebalap MotoGP.

Meski Rossi merasa sepeda motornya akan cocok di Le Mans, namun ada beberapa faktor yang tidak terduga, dan dikhawatirkan akan menghambat performanya.

"Sirkuit Le Mans memiliki trek di mana Yamaha YZR-M1 bisa melaju dengan sangat baik. Namun, terdapat kondisi negatif tentang Le Mans, yaitu masalah cuaca, dan ini sangat sulit diprediksi. Bisa saja saat cuaca panas tiba-tiba turun hujan, kemudian dingin, atau faktor lainnya. Ini yang membuat kami harus berhati-hati, " kata Rossi, seperti dilansir laman Crash.net, Kamis (5/5/2016).

 "Hal baik yang sudah kami hasilkan di Jerez, akan kembali kami lakukan di Le Mans. Tahun lalu saya memiliki balapan yang baik, tapi memang saya tidak mampu mengalahkan Jorge. Namun, saya akan mencoba lagi tahun ini, mengalahkan Lorenzo,” tutur Rossi.

Sebelumnya, Rossi telah memenangkan tiga kali podium kelas utama Le Mans di tahun 2002, 2005 dan 2008 . Kemudian runner-up pada 2003, 2010, 2012, 2014, dan 2015. Serta juara ketiga pada tahun 2000, 2001, dan 2011. Tahun lalu, The Doctor harus bertekuk lutut kepada Lorenzo, dengan hanya finis di urutan kedua, berselisih waktu 3,820 detik di GP Perancis ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com