Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pikap Mikro 600cc Tantang Motor Roda Tiga

Kompas.com - 01/03/2016, 10:17 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – TIdak lama lagi status Tata Ace EX2 bermesin 2-silinder 702cc sebagai pikap terkecil yang dijual di Indonesia bakal berubah. Pihak Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) mengungkapkan sedang mengkaji pikap berukuran lebih kecil lagi yang sudah meluncur di India pada 2011, yakni Ace Zip.

Sesuai namanya yang terdengar seperti perangkat lunak komputer pemadat data, Ace Zip merupakan teman kerja pengusaha yang butuh alat pengangkut barang mikro namun tetap fungsional. Ace Zip dibekali mesin 1-silinder 611cc bertenaga 11,3 tk @3.000 rpm dan torsi 30 Nm @1.600 – 1.800 rpm. Kapasitas tangki bahan bakar 10 liter.

Ukuran bodi, panjang 3,02 m, lebar 1,48 m, tinggi 1,8 m, wheelbase 1,65 m. Ukuran bak panjang 1,685 m, lebar 1,48 m, dan tinggi 0,4 m.

Ace EX2 ditujukan sebagai pengangkut barang 1 ton, sedangkan Ace Zip akan mengisi kebutuhan konsumen yang hanya mau di bawah 500 kg, misalnya pengangkut kemasan galon air minum atau buah-buahan.

Biasanya, kebutuhan itu ditopang oleh kendaraan roda tiga yang dikemudikan seperti sepeda motor. Nah, Ace Zip adalah alternatifnya.

“Ini adalah solusi untuk pasar, orang yang butuh cuma di bawah 500 kg dengan roda empat plus punya atap. Menguntungkan dari sisi kepemilikan, operasional, keamanan, kenyamanan, dan fungsi,” ujar Manager Public Relation Manager TMDI Kiki Fajar saat berjumpa dengan wartawan di Jakarta, Senin (29/1/2016).

Belum ada kepastian soal harga namun logikanya pasti di bawah Ace EX2 yang sekarang dilego Rp 80 juta. Jadwal peluncurannya juga tidak diungkap, TMDI mengatakan ingin fokus meluncurkan empat model baru lebih dulu. Setelah itu Ace Zip dipertimbangkan serius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com