Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda Berharap SUV di Indonesia Terus Tumbuh

Kompas.com - 11/02/2016, 15:37 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
– Pasar Sport Utility Vehicle (SUV) di Indonesia diprediksi oleh beberapa produsen otomotif bakal terus mengalami pertumbuhan. Perkembangannya mulai terlihat di tahun lalu, dari total penjualan mobil secara nasional 1.031.442 unit, segmen SUV terjual 129.503 unit atau sekitar 12,5 persen.

Senada dengan produsen lain, PT Mazda Motor Indonesia (MMI) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Mazda di Indonesia, memprediksi bahwa pasar SUV akan terus mengalami pertumbuhan. Pemainnya juga dipastikan semakin banyak.

“Tahun ini pasar SUV akan semakin bergairah. Ini juga akan menjadi keuntungan bagi kita, karena meski kita tidak punya yang baru (SUV) tetapi setidaknya CX-5 kita terus dikenal masyarakat,” ujar Astrid Ariani Wijana, Senior Marketing Manager PT MMI saat berbincang dengan KompasOtomotif, di sela-sela acara media gathering di Jakarta, Rabu (10/2/2016).

Selain pemainnya semakin banyak, permintaan di segmen SUV juga akan terus meningkat. Mazda berharap, tahun ini penjualan CX-5 ataupun CX-3 yang juga direncanakan dijual 2016 ini bisa mendongkrak penjualan SUV-nya.

“Masyarakat yang melihat ke segmen SUV akan semakin banyak. Pilihannya juga menjadi lebih banyak, maka otomatis, CX-5 akan terus diingat masyarakat yang mencari SUV,” kata Astrid.

Tahun lalu, penjualan CX-5 secara retail (diler ke konsumen) tercatat 2.995 unit. Jika dibandingkan dengan 2014 yang mencapat 3.533 unit, telah terjadi penurunan 17,9 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com