Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Mobil Murah" Tujuh Penumpang Suzuki Segera Meluncur

Kompas.com - 03/01/2016, 07:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis


New Delhi, KompasOtomotif
– Suzuki Wagon R 7-penumpang masih menjadi perbincangan hangat dikalangan media otomotif dunia. Spekulasi baru yang beredar, Wagon R 7-penumpang itu mulai dijual Maret 2016 di India.

Saat ini, seperti dilansir laman Indianautosblog, Minggu (3/1/2016) Suzuki telah mengimpor beberapa prototipe Wagon R 7-penumpang untuk diuji di jalanan India. Bahkan, beberapa vendor sudah diminta memasok bagian untuk selanjutnya diproduksi massal.

Berdasarkan bocoran dari dokumen impor, prototipe Wagon R 7-penumpang yang akan diuji di jalanan India itu bermesin bensin 1.197cc (K-Series) dan diesel 1.248cc (DDiS). Jantung pacu tersebut dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan dan AMT 5-percepatan.

Wagon R 7-penumpang itu sendiri jika dibandingkan dengan Wagon R versi 5-penumpang jelas lebih panjang 101 mm. Nantinya akan bersaing ketat dengan Datsun GO+ di India dan GO+ Panca di Indonesia.

Di Indonesia

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pertama kali memperkenalkan prototipe Wagon R 7-penumpang ini di motor show dua tahun lalu (2014). Tetapi, sampai saat ini belum juga ada kejelasan kalau akan diproduksi massal atau tidak.

Sebelumnya, Makmur, 4W Direktur Marketing PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pernah menuturkan, saat ini masih melakukan pengembangan dan belum bisa dipastikan kapan model tersebut masuk dalam produksi massal.

Menurutnya, hasil survei yang pernah dilakukan menunjukan masyarakat Indonesia cukup antusias.

“Respons pasarnya sangat bagus, dan kalau ditanya perlu ada model itu, jawabannya perlu tapi kapannya itu saya belum bisa pastikan,” ucap Makmur saat berbincang dengan KompasOtomotif di booth Suzuki GIIAS 2015, di International Convention Exhibition (ICE), BSD, Rabu (26/8/2015).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com