Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Posisi yang Pas Pasang Klakson "Aftermarket"

Kompas.com - 17/12/2015, 09:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tangerang Selatan, KompasOtomotif - Selain harus memerhatikan spesifikasi daya, tegangan, frekuensi, dan menambahkan relay saat pemasangan, hal lain yang wajib disimak bila ingin mengganti klakson sepeda motor dengan produk aftermarket yakni posisi pasang. 

Nanang dari toko aksesori Gandhi Racing di Pamulang menjelaskan, sebelum mengganti konsumen harus kenal lebih dulu dengan produknya. Misalnya dilihat dari bentuk, ukuran, dan ketahanan produk pada air.

Febri Ardani/KompasOtomotif Ragam produk pengganti klakson.
Ketiga hal itu yang memengaruhi posisi pemasangan pada sepeda motor. Bila bentuknya mirip dengan klakson asli bawaan pabrik, maka lokasinya bisa langsung digantikan. Namun jika ukurannya lebih besar perlu dicari posisi lain yang pas.

"Tempatnya bisa macam-macam tapi lebih baik di bawah bodi jadi tertutup. Kalau di luar risiko kena hujan, kadang kalau motor dicuci airnya juga bisa merusak," jelas Nanang, Rabu (16/12/2015).

Sekarang ini memang banyak beredar produk pengganti klakson yang sudah anti air, kata Nanang. Tapi lebih baik tetap dilindungi agar lebih awet.

Misalnya pada Honda Vario 125, menurutnya yang paling baik diletakan di bawah bodi bagian depan. Posisinya di atas aki dan dibaut agar tidak goyah dan berisik. Kekurangannya, membuat penggantian aki lebih rumit tapi kelebihannya klakson aman dan awet karena terhindar dari cuaca.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com