Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lamborghini Ogah Gunakan Teknologi Otonomos

Kompas.com - 14/12/2015, 08:21 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Bologna, KompasOtomotif
– Teknologi Otonomos atau mobil otonomos atau “tanpa pengemudi” sedang menjadi perbincangan hangat di industri otomotif dunia. Beberapa pabrikan sudah mulai mengembangkan, bahkan di 2020 sudah siap memproduksi dan menjualnya ke pasaran.

Rupanya, teknologi tersebut tidak dilirik oleh produsen mobil sport asal Sant’Agata Bolognese, Italia, Lamborghini. Apalagi untuk diaplikasikan di Sport Utility Vehicle (SUV) pertamanya, Urus.

CEO Lamborghini Stephan Winkelmann menjelaskan, pihaknya tidak memiliki niat untuk menggunakan teknologi otonomos di Urus.

“Lamborghini tidak akan sama seperti produsen otomotif lainnya. Apalagi mengaplikasikannya di Urus,” kata Winkelmann seperti dilansir laman Worldcarfans, Senin (13/12/2015).

Jika mengaplikasikan teknologi tersebut, menurut Winkelmann akan memberikan dampak negatif bagi Lamborghini. Karena, Urus itu sendiri merupakan mobil yang dibuat untuk menyenangkan pengemudinya.

“Urus akan disetting sebagai kendaraan yang tangguh di on-road, bahkan tetap mampu berjalan di lintasan off-road. Kemungkinan besar juga akan ada juga versi rear-wheel drive, tapi belum mendapatkan persetujuan,” ujar Winkelmann.

Lebih dari itu, bicara spesifikasi motor penggerak, Lamborghini belum mengeluarkan datanya. Tapi, Winkelmann membocorkan kalau Urus bisa menggendong mesin 4.0-liter V8 twin turbo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com