Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria India Cetak Rekor Dunia Mengendarai Bajaj

Kompas.com - 08/11/2015, 11:29 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Chennai, KompasOtomotif – Sopir Bajaj di India, Jagathish M, punya kemampuan spesial membuat kendaraan angkutan itu berjalan hanya dengan dua roda dari tiga yang tersedia. Hobi di luar jam kerja itu telah membawanya menjadi pemegang rekor sebagai orang pernah yang melakukannya dengan jarak terjauh.

Prestasi itu tercatat di Guinees World Records. Syarat mendapatkan gelar, Jagatish harus membawa kendaraan tiga roda itu berjalan mengandalkan dua roda seperti sepeda motor sepanjang 1 km. Tapi pria 27 tahun yang mengaku selalu latihan di malam hari itu melakukannya sejauh 2,2 km.

Bajaj yang juga dikenal dengan sebutan rick shaw atau tuk tuk ini dikemudikan dengan trik khusus. Tangan kirinya memegang setang dengan telapak menghadap ke atas seperti terlihat pada video. Ia harus memacu Bajaj sampai 80 kpj agar salah satu ban belakang mengangkat ke udara. Selebihnya, kata, Jagatish, adalah kontrol.

Jagatish mengatakan sering melakukan trik dengan sepeda motor sewaktu kecil. Setelah bekerja jadi sopir bajaj kegemaran itu tidak hilang. Ia juga pernah mencoba melakukan rekor ini pada 2011 dan berhasil.

Lihat aksinya membuat rekor di video berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com