Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Evolusi Serius Kawasaki ZX-10R, WSBK Banget!

Kompas.com - 09/10/2015, 14:45 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Kawasaki mengenalkan ZX-10R model 2016. Bukan ubahan minor, namun bisa disebut evolusi serius. Selain tampang dan kelengkapan yang berbeda, beragam komponen juga diganti dan diperbaiki, bahkan mendekati DNA sepeda motor yang digunakan Kawasaki di Word Superbike (WSBK) 2015.

Rupanya produsen dengan warna kebanggaan lime green ingin membuat ZX-10R pararel dengan kemenangan Jonathan Rea di WSBK tahun ini. Sejumlah teknologi yang membuat Kawasaki Berjaya di WSBK diturunkan untuk versi produksi.

Salah satunya adalah perbaikan tenaga mesin yang kini menjadi 207 tk, dengan torsi puncak mencapai 112,5 Nm. Berat kosong 205 kg, cukup kompetitif. Ini didapat dari perubahan crankshaft yang lebih ringan dengan penyeimbang (balancer). RPM lebih tinggi, lalu tenaga di putaran bawah dan menengah semakin mantap.

Kawasaki PEranti elektronik semakin lengkap, bobot tambah ringan.
Makin canggih
Perubahan lain termasuk saluran gas buang yang lebih ringan karena terbuat dari titanium, sasis yang dirombak lebih stabil, fairing semakin aerodinamis. Tampang juga sedikit berubah, tampak bagian depan yang sudah ”WSBK banget”.

Wajah itu pun masih dilengkapi perbaikan performa kenyamanan dengan suspensi Showa baru yang diklaim punya keseimbangan lebih baik. Kaliper Brembo M50 monoblok, IMU dari BOSCH dan sejumlah ubahan para paket elektronik yang terdiri dari Engine Braking Control (KEBC), Kawasaki Launch Control Mode (KLCM), Kawasaki Intelligent anti-lock Braking System (KIBS), Corner Management Function, Sport Kawasaki TRaction Control (S-KTRC), dan Kawasaki Quick Shifter (KQS).

Harga mencapai 15.999 dollar AS, atau setara Rp 220 jutaan. Harga ini tentu saja sangat kompetitif jika dibandingkan dengan para pesaing macam Yamaha YZF-R1 atau R1S yang juga mengalami perubahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com