Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Produksi Spesies Terakhir Mitsubishi Evo

Kompas.com - 02/10/2015, 15:45 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif - Mitsubishi Motors Corporation menyiapkan video perpisahan khusus pengantar pensiun buat model ikonis Lancer Evolution (Evo). Rekaman ini mengungkap proses kelahiran unit-unit terakhir model yang telah bertahan selama 10 generasi itu.

Video dikemas dari pengiriman material, proses produksi, distribusi, hingga unit diserahkan ke konsumen. MMC telah mengumumkan sebelumnya sudah menyiapkan 1.000 unit Evo dengan emblem “Final Edition” untuk pasar domestik Jepang.

Bukan hanya emblem, tapi spesifikasi unit pamungkas juga spesial. Suspensinya diperbaiki, menggunakan pelek ringan merek BBS, di kabin jok diganti jadi tipe semi balap, dan keempat roda diperkuat rem Brembo. Saat kunci kontak di posisi “ON”, tulisan “Final Edition” pada instrument cluster menyala, detail ini akan selalu mengingatkan pengemudi bahwa unit yang mau dibawa merupakan “spesies” terakhir.

Spesifikasi mesin tetap sama, menggunakan mesin 4B11 4-silinder 2.0L turbocharger dengan sistem gerak empat roda yang sama sejak generasi Evo ke-10 meluncur pertama kali pada 2007.

Masa hidup Evo telah berjalan selama 23 tahun, awalnya model ini dibuat sebagai versi jalanan dari pengembangan kesuksesan Mitsubishi di ajang reli dunia. Mitsubishi telah mengumumkan, tahun ini jadi periode terakhir Evo diproduksi. Jadi sudah saatnya mengucapkan sayonara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com