Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Bukti Performa Mobil Murah Datsun?

Kompas.com - 01/10/2015, 13:45 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Watampone, KompasOtomotif – Tak perlu repot mencari jawaban dari pertanyaan seputar performa mobil murah Datsun. Ekspedisi para pecinta Datsun yang tergabung dalam Datsun Risers Expedition di Sulawesi Selatan bisa menjadi salah satu pembuka wawasan, bahwa Datsun Go+ Panca dan Go hatchback bisa menjadi kendaraan yang ”gampang berdaptasi” di berbagai kondisi jalan Indonesia.

KompasOtomotif ikut bergabung bersama mereka di gelombang ketiga etape kedua ekspedisi ini, dan ikut membuktikan bagaimana reinkarnasi merek Datsun yang legendaris itu menjawab kebutuhan para risers, atau dengan kata lain pengguna mobil ”pemula” atau pertama di Indonesia.

Rute Makassar-Toraja-Watampone yang ditempuh selama dua hari, 29-30 September 2015 cukup mewakili kondisi jalanan di Indonesia. Jalanan mulus, tanjakan terjal dan meliuk-liuk, jalan rusak bergelombang, hingga jalanan rusak yang diperbaiki menjadi ujian mesin dan suspensi.

Rata-rata para risers yang ikut dalam ekspedisi ini mengaku takjub dengan tarikan mesin 3 silinder berkapasitas 1.200 cc Datsun Go+ Panca itu. Membawa muatan penuh, rata-rata tiga orang plus barang bawaan di lipatan jok paling belakang, jantung pacu satu generasi dengan Nissan March itu tidak kuwalahan.

”Tarikannya enteng, stabil, setir juga mudah digerakkan. Wanita-wanita seperti saya akan mudah mengendarai. Bagasi luas, bisa memanfaatkan jok baris ketiga yang dilipat. Sudah cukup untuk jalan jauh,” ujar Vika Wardatul, riser asal Surabaya.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Datsun Go Panca saat mendaki di daerah Toraja dalam Datsun Risers Expedition.
Suspensi
Tak cuma mesin, KompasOtomotif juga membuktikan bagaimana suspensi mobil murah ini melahap berbagai kondisi jalan. Kualitas bantingannya suspensi depan McPherson Strut dan Coil Spring di depan serta Torsion Beam di belakang sangat baik. Tidak terlalu empuk, tapi juga tidak sampai memantul-mantul. Pengendalian akan semakin top kalau pakai pelek 14 inci (saat ini 13 inci).

Saking beratnya medan perjalanan, rombongan sempat mengganti ban depan dua mobil yang berbeda karena pecah. Jalanan berbatu sudah menjadi ”makanan” di beberapa titik. Sulawesi memang sedang berbenah, memperbaiki infrastruktur jalanan di berbagai daerah.

Logikanya, dipakai jalan jauh dengan medan ekstrem tidak mengalami kendala. Apalgi pemakaian dalam kota yang akan menghasilkan impresi mengemudi jauh lebih nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com