Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Biaya Memodifikasi Per Mobil ?

Kompas.com - 15/07/2015, 17:04 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Kaki-kaki mobil merupakan struktur penunjang utama penampilan sekaligus keyamanan pada kendaraan pribadi. Para pemilik mobil biasanya sengaja membuat tampilan lebih ceper tapi meninggalkan sisi kenyamanan. Sebaliknya, ada juga konsumen yang mau mengembalikan kaki-kaki kendaraannya ke kondisi normal dari sebelumnya sudah dimodifikasi.

Untuk memenuhi kebutuhan ini, Anda bisa langsung kunjungi Hayati Motor di Mall Mega Glodok Kemayoran Lantai 6 Blok B2 nomor 21, Jakarta Pusat. Bengkel spesialis per, sokbreker dan kaki-kaki mobil ini menyediakan jasa untuk memodifikasi per.

"Untuk harga memendekkan per agar mobil terlihat lebih ceper sekitar Rp 500.000 sampai Rp 600.000. Biaya tersebut berlaku untuk mobil pabrikan Jepang, Korea dan Thailand," ujar David sang mekanik, seperti dilansir Otomania,  Selasa (14/7/2015).

David menambahkan, biasanya untuk menurunkan atau memotong per kendaraan maksimal 3 cm. Jika lebih besar, maka ban berisiko akan bisa bersentuhan dengan bodi mobil saat dikendarai. Modifikasi ini jarang dilakukan untuk mobil mobil Eropa, walaupun terkadang ada.

Sedangkan untuk mengganti per dengan yang baru, harganya berbeda tiap masing-masing pabrikan. Untuk kendaraan asal Eropa berkisar antara Rp 3,3 juta sampai Rp 7 juta, sedangkan untuk pabrikan asal Jepang dari Rp 2,5 juta sampai Rp 4,5 juta.

"Mengganti per bisa saja menjadi normal atau lebih pendek. Karena kebanyakan pemilik kendaraan merasa sayang untuk memotong per asli bawaan pabrik, jadi mending diganti saja yang lebih pendek. Jadi per asli bawaan pabrik bisa disimpan, dan bisa dipasangkan lagi bila sewaktu-waktu dibutuhkan," ujar David.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com