Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan Kunci Pintu Mobil, Sepele tapi Krusial

Kompas.com - 15/07/2015, 16:02 WIB
Jakarta, KompasOtomotif - Keamanan berkendara adalah hal utama yang patut diperhatikan selama perjalanna mudik. Keamanan kendaraan yang kerap disepelekan pemilik adalah sistem kunci pada pintu mobil.

"Jangan pernah melupakan cek kunci sentral (central lock). Diikuti juga dengan mengecek satu persatu apakah seluruh sistem penguncian di masing-masing pintu berfungsi dengan baik. Hal ini berlaku untuk semua jenis kendaraan kendaraan," ujar Warsino, Service Head Tunas Toyota Dewi Sartika kepada KompasOtomotif, Senin (13/7/2015).

Memastikan fungsi kunci masing-masing pintu beroperasi dengan baik, bisa menghindari kemungkinan orang lain untuk berbuat jahat. Banyak kejadian di mana pencuri bisa membuka pintu mobil dari luar untuk berbuat jahat, apalagi pada saat kondisi macet, istirahat di rest area, atau tengah mengisi bahan bakar di SPBU.

Saiful Anwar, Wakil Kepala Bengkel  Plaza Toyota Pemuda menambahkan, untuk masalah kunci pint, jangan juga lupa untuk mengecek child lock, agar anak kecil tidak bisa membuka kunci mobil dari dalam. Fungsi ini krusial jika Anda berpergian dengan anak-anak yang belum mengerti soal bahaya membuka pintu saat kendaraan melaju.

"Segala sesuatu yang dibuat dan dipasangkan pada kendaraan memiliki fungsi masing-masing, salah satunya untuk keselamatan dan keamanan, jadi pastikan seluruh komponen tidak luput dari perhatian bahkan perbaikan, sekecil apapun itu," ujar Saiful.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com