Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Eskilstuna, Swedia

Unik, Para "Raksasa Besi" Ini Menari dengan Gemulai

Kompas.com - 25/06/2015, 13:25 WIB
Wisnubrata

Penulis

Eskilstuna, KompasOtomotif – Melihat alat-alat berat dioperasikan di proyek pembangunan adalah hal yang biasa dijumpai. Namun bila menyaksikan alat berat “raksasa” itu menari, itu adalah hal yang langka. Mesin tersebut sanggup membuat orang-orang dewasa bersorakseperti anak-anak. Itulah yang KompasOtomotif rasakan saat mengunjungi Volvo Customer Center di Eskilstuna, Swedia, Rabu (24/6/2015).

Rombongan Volvo Trucks dari berbagai negara, tiba di Volvo Customer Center sekitar pukul 08.00 pagi. Walau sedang musim panas di Swedia, namun udara dingin segera menyergap begitu kami turun dari bus. Hujan rintik makin membuat hawa semakin dingin dan tubuh menggigil. Tapi, peserta tetap tertarik untuk keluar karena ada “raksasa-raksasa besi” yang menunggu untuk ditunggangi.

Memasuki wilayah yang dipenuhi gundukan batu dan pasir, rombongan disambut dua excavator berbobot sekitar 30 ton yang membentangkan lengannya seperti gapura. Para instruktur dan operator berjaket kuning terang menyambut dengan ramah dan mempersilakan naik ke bukit batu untuk berfoto bersama sebuah excavator besar lain yang diparkir di atasnya.

Kompas.com/Wisnubrata Alat-alat berat menunjukkan kemampuan manuvernya di Volvo Customer Center, Eskilstuna, Swedia, Rabu (24/6/2015).

Muncul pertanyaan, bagaimana caranya raksasa ini bisa parkir di gundukan yang lumayan terjal ini?

Seolah menajwan pertanyaan, excavator ini langsung beraksi beberapa saat kemudian. Tidak seperti alat-alat berat yang umumnya kita saksikan sedang bergerak lambat, raksasa-raksasa buatan Volvo Construction Equipment ini ternyata mampu bermanuver dengan gesit, mendaki dengan lincah, an berbelok dalam radius yang kecil saja.

Tepat beberapa detik setelah Direktur Volvo Customer Center, Carl Gindahl, mempersilakan anak buahnya beraksi. Penonton pun terkesima. Dari gundukan batu dan pasir, muncul berbagai excavator, backhoe, truk, mesin giling, bulldozer yang membentuk formasi-formasi menakjubkan.

Alat-alat berat berbagai ukuran dengan bobot 5 ton hingga 50 ton muncul bergantian untuk bermanuver diiringi musik. Mereka memanjat gundukan batu, meluncur, berbelok dan saling berhadapan seperti barisan raksasa kuning yang menari. Menunjukkan tenaganya, mesin-mesin ini dengan mudah mengangkat pasir dan batu, mendorongnya, memindahkan batang-batang kayu, hingga mengambil dan meletakkan barang dalam kotak kaca dengan presisi yang mengagumkan.

Kompas.com/Wisnubrata Alat-alat berat menunjukkan kemampuan manuvernya di Volvo Customer Center, Eskilstuna, Swedia, Rabu (24/6/2015).

Saat musik melantunkan lagu Heal the World milik Michael Jackson, dua excavator raksasa menggandengkan lengannya satu sama lain dan berputar mengikuti alunan lagu yang syahdu itu. Lalu ketika musik mengalunkan lagu beat cepat, truk-truk raksasa pengangkut material yang dikemudikan operator perempuan berseliweran silih berganti dalam formasi yang rapi.

Tidak ketinggalan alat-alat berat berukuran kecil menunjukkan kemampuannya. Ukurannya membuat kami gemas dan ingin membawanya pulang sebagai mainan untuk anak-anak. Namun di balik ukurannya, mereka ternyata memiliki kekuatan yang dahsyat.

Kompas.com/Wisnubrata Alat-alat berat menunjukkan kemampuan manuvernya di Volvo Customer Center, Eskilstuna, Swedia, Rabu (24/6/2015).

Tepuk tangan panjang saat para raksasa itu mengakhiri pertunjukan dengan memberi salam. Excavator menurunkan lengannya dari atas ke bawah secara serempak, truk-truk diparkir menghadap ke bawah di gundukan batu, dan mesin-mesin yang lain membentuk barisan seolah sedang membungkukkan badannya memberi hormat.

Melihat pertunjukan itu, semua penonton menemukan kembali perasaan menjadi anak-anak, yang terkagum-kagum melihat raksasa-raksasa besi menari-nari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com