Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Indonesia Siap Ekspor Sepeda Motor 250cc

Kompas.com - 27/02/2015, 18:45 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Tambun, KompasOtomotif - Setelah resmi menjadi basis ekspor Address untuk dunia, Suzuki Indonesia ternyata masih punya model lain. Informasi ini disampaikan langsung oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia Saleh Husin di sela pelepasan ekspor perdana Address di Tambun, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (27/2/2015). 
 
"Dari informasi Suzuki Indomobil Motor, untuk penetrasi pasar Eropa akan mulai dengan ekspor skuter kecil 110 cc dan akan terus dikembangkan untuk sepeda motor besar sampai 250 cc," jelas Saleh Husin.
 
Menperin melanjutkan, apa yang dicapai Suzuki Indonesia dengan ekspor sepeda motor ke Eropa tidak mudah, karena butuh spesifikasi tinggi dan menghadapi tantangan berat. "Saya yakin hasil ini akan menambah kepercayaan internasional terhadap produk otomotif, khususnya sepeda motor buatan domestik," papar Saleh.
 
Suzuki Motor Corporation Japan selaku prinsipal sudah menunjuk Indonesia sebagai pabrik induk (mother plant) produksi sepeda motor di kawasan Asia Tenggara. Volume produksi untuk pasar domestik yang cukup besar, serta efisiensi mampu mencapai biaya produksi yang kompetitif. Kini, Suzuki Indonesia juga dipercaya untuk produksi sepeda motor berkualitas global untuk memasok kebutuhan Eropa, Asia, dan Pasifik.
 
Menyangkut rencana ekspor sepeda motor 250 cc, Motoo Murakami, Managing Officer Suzuki Motor Corporation dan Managing Director Sepeda Motor SIS tak menampik, namun juga belum mau terbuka soal rencana itu. 
 
"Pada dasarnya Suzuki akan mengembangkan produk sesuai dengan kebutuhan yang ada. Produk Suzuki yang paling besar adalah 200 dan  250 cc, kalau ada permintaan di kelas itu Suzuki akan serius mengembangkan produk tersebut," tukas Murakami.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com